Anggota DPR Iis Rosita Dewi Istri Edhy Prabowo Ikut Ditangkap KPK

Anggota DPR Iis Rosita Dewi Istri Edhy Prabowo Ikut Ditangkap KPK
Anggota DPR Iis Rosita Dewi Istri Edhy Prabowo. (Dok. dpr.go.id)

 

Metrobanten, Jakarta – Penyidik KPK masih memeriksa Iis Rosita Dewi, istri Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo, yang ikut diamankan di Bandara Soekarno Hatta saat pulang dari Amerika Serikat (AS), Rabu (25/11/2020) dini hari.

Plt Juru Bicara Bidang Penindakan KPK Ali Fikri mengatakan, dalam operasi tangkap tangan tersebut, ada 17 orang yang diamankan termasuk Menteri KKP Edhy Prabowo dan istrinya, Iis Rosita Dewi.

Jumlah yang diamankan petugas KPK seluruhnya saat ini 17 orang. Di antaranya adalah menteri kelautan dan perikanan beserta istri dan beberapa pejabat di KKP,” ujar Ali saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (25/11/2020).

Baca juga: Diduga Terkait Ekspor Benih Lobster, KPK Tangkap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo

“Disamping itu juga beberapa orang pihak swasta. Turut diamankan sejumlah barang diantaranya kartu Debit ATM yang diduga terkait dengan tindak pidana korupsi dan saat ini masih diinventarisir oleh tim,” pungkasnya.

Saat ini KPK masih melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap 17 orang tersebut selama 1 x 24 jam. Perkembangannya akan kami sampaikan lebih lanjut. Ali memastikan, penangkapan terhadap Edhy Prabowo dkk terkait dengan dugaan transaksi untuk memuluskan proses penetapan calon perusahaan ekspor benih lobster atau benur.

Baca juga: KPK Tangkap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo

“Kasus ini diduga terkait dengan proses penetapan calon exportir benih lobster,” tandasnya.

Iis sendiri menggunakan nama ‘Iis Edhy Prabowo‘ di situs resmi DPR maupun di akun media sosial miliknya. Iis Rosita Dewi tercatat sebagai anggota Fraksi Gerindra (parpol yang sama dengan suaminya) dari daerah pemilihan Jawa Barat II.

Iis Rosita Dewi saat ini duduk di Komisi V DPR yang membidangi perhubungan hingga pekerjaan umum. Dengan demikian, dia tidak bermitra langsung dengan suaminya yang merupakan Menteri Kelautan dan Perikanan di Komisi IV. (red)

Check Also

Pembangunan zona integritas sangat ditentukan oleh kapasitas dan kualitas integritas masing-masing individu.

Kejari Kota Tangerang Canangkan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi

  Metrobanten, Tangerang – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tangerang berkomitmen mencanangkan pembangunan Zona Integritas menuju ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup