Ajak Perempuan Berperan Aktif Berpolitik, KPPI Targetkan 30 Persen Masuk Parlemen

Metrobanten Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kota Tangerang, targetkan 30 persen perempuan duduk di Parlemen pada Pileg 2019 mendatang, hal tersebut dikatakan Suparmi ketua terpilih periode 2017-2021 usai pelantikan di gedung serbaguna Jiwasraya Jl. Perintis Kemerdekaan, Cikokol, Kota Tangerang.

Pelantikan dipimpin langsung oleh ketua KPPI Provinsi Banten yang juga Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten Hj Muflihah dan dihadiri oleh para anggota KPPI dan KPP, Selasa (21/11/17).

Ketua KPPI Kota Tangerang, Suparmi, ST mengatakan, Kauskus sendiri merupakan wadah kaum wanita, untuk itu, KPPI menginginkan perempuan ikut serta meramaikan Pileg 2019 mendatang, sementara saat ini keterwakilan perempuan di DPRD Kota Tangerang baru mencapai 20 persen dari target 30 persen.

“Dengan keberadaan KPPI Kota Tangerang kita harapkan dapat memenuhi target hingga 30 persen di parlemen, kami ingin 30 persen wanita di Kota Tangerang berpolitik ikut andil dalam Pileg 2019, syukur-syukur dapat ikut serta juga dalam kancah Pilkada 2018, bisa saja kan nanti wali kota nya perempuan, wakil nya perempuan atau wali kota nya perempuan dan wakil nya laki-laki,
” ujar Suparmi usai pelantikan.

Menurut Suparmi politisi wanita dari partai PDI-P ini menuturkan, KPPI lahir dari rahim gerakan reformasi yang menginginkan perubahan kehidupan demokrasi yang lebih maju, adil, sejahtera dan bermartabat.

“Kehadiran KPPI ini ingin menyatukan ide, gagasan, karya, dan karsa guna memberikan kontrbusi yang riil pada pencapaian tujuan nasional bangsa Indonesia,” tuturnya.

Kedepan, Suparmi berharap, KPPI berjalan rutin untuk terus mensosialisasikan agenda dan program Pemerintah Kota, juga untuk mempopuliskan apa yang menjadi kebijakan kebijakan kaum perempuan di parlemen.

Ia juga memastikan bahwa proses demokrasi di Indonesia mengarah pada upaya pemenuhan, perlindungan dan pemberian jaminan hak-hak perempuan, termasuk dalam bidang politik, sebagai hak asasi yang harus dipenuhi negara.

Dengan kata lain, KPPI ingin memastikan terjadinya perubahan situasi sosial dan politik yang mensejahterakan kaum perempuan,karena perjuangan politik perempuan sangat penting, mengingat dasar perjuangan ini merupakan intisari dari semangat proklamasi sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD 1945.

“Meskipun perempuan berat dalam berpolitik, Ya, ini harus dijalani dengan ikhlas, anggap saja seperti hobby, karena kalau dijalankan seperti pekerjaan akan berasa berat,”katanya.

Sementara ketua KPP Kota Tangerang terpilih, Yati Rohayati menambahkan, KPP  merupakan wadah semua aktivis perempuan yang ada di parlemen yang ikut perhelatan dalam pemilu. Anggota KPP berisikan kaum perempuan yang duduk di Parlemen.

Yati menambahkan, meskipun KPP baru terbentuk tahun ini, namun anggotanya sudah aktif semua, karena untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas perempuan yang ada di parlemen. (ades)

Check Also

Pemkab Tangerang Beri Layanan Aktifasi PBB Tatap Muka di UPT Pajak Daerah

Pemkab Tangerang Beri Layanan Aktifasi PBB Tatap Muka di UPT Pajak Daerah

  Metrobanten, Tangerang – Dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di area pusat Pemerintah Kabupaten Tangerang, ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup