5 Alasan Pentingnya Mengonsumsi Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh

5 Alasan Pentingnya Mengonsumsi Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh
5 Alasan Pentingnya Mengonsumsi Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh.

Metrobanten – Alasan pentingnya mengonsumsi vitamin C yang paling umum adalah untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Vitamin C dapat diperoleh dari makanan, seperti buah dan sayuran. Namun, jika diperlukan, vitamin C juga bisa diperoleh melalui suplemen.

Vitamin C atau dapat disebut juga dengan asam askorbat (AA) adalah senyawa yang larut dalam air dan ditemukan pada organisme hidup. Manfaat vitamin C untuk kesehatan tubuh begitu penting. Vitamin C memuat banyak nutrisi penting untuk metabolisme dalam tubuh. Selain memberikan nutrisi, vitamin C juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai reagen untuk pembuatan banyak bahan di industri farmasi dan makanan.

Vitamin C atau yang kerap disebut asam askorbat merupakan jenis nutrisi yang larut dalam air dan tidak diproduksi oleh tubuh. Sumber vitamin C bisa Anda temukan pada buah-buahan, sayuran segar, atau dari suplemen vitamin C.

Vitamin C diperlukan oleh tubuh untuk dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, vitamin ini juga bermanfaat untuk menjaga fungsi kekebalan tubuh. Berbagai manfaat dalam vitamin ini makin memperkuat alasan akan pentingnya mengonsumsi vitamin C.

Fungsi Vitamin C

Fungsi vitamin C sangat bervarian bagi tubuh. Ia berperan penting dalam proses fisiologis manusia. Adapun fungsi vitamin C secara detailnya sebagai berikut ini:

  1. Vitamin C berfungsi dalam pembentukan protein yang digunakan untuk membuat kulit, tendon, ligamen
  2. Membentuk pembuluh darah yang berguna untuk penyembuhan luka dan pembentukan jaringan parut
  3. Memperbaiki dan memelihara tulang, gigi dan tulang rawan
  4. Membantu penyerapan zat besi dalam tubuh
  5. Membantu melindungi sel dan menjaganya tetap sehat

Beragam Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa alasan pentingnya mengonsumsi vitamin C:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Pentingnya mengonsumsi vitamin C adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ini karena vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang berperan untuk melindungi tubuh dari infeksi.

Selain itu, berbagai keluhan seperti batuk dan pilek juga dapat dicegah dengan memenuhi kebutuhan vitamin C harian, terutama saat kelelahan atau ketika akan melakukan aktivitas berat.

2. Melindungi tubuh dari radikal bebas

Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Hal ini akan mengurangi risiko terjadinya penuaan dini, penyakit jantung, dan kanker.

3. Membantu tubuh dalam memproduksi kolagen

Pentingnya mengonsumsi vitamin C juga dikaitkan dengan produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen merupakan protein yang dibutuhkan untuk menjaga kelembaban kulit, mencegah keriput, mengurangi risiko terkena penyakit jantung, meningkatkan massa otot, dan mencegah pengeroposan tulang.

4. Meningkatkan penyerapan zat besi

Zat besi memiliki peran yang penting dalam pembuatan sel darah merah dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Alasan pentingnya mengonsumsi vitamin C juga sebagai pendukung penyerapan zat besi dalam tubuh.

Mengonsumsi vitamin C secara cukup dapat mengurangi risiko terkena anemia karena vitamin ini dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan.

5. Menjaga kesehatan tubuh

Vitamin C juga penting untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, otot, dan kulit. Selain itu, manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi vitamin C adalah menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah untuk mencegah serangan jantung dan stroke.

Akibat Kekurangan Vitamin C

Bila tubuh Anda tidak memiliki cukup kebutuhan vitamin C, maka ada beberapa akibat yang dapat Anda rasakan seperti kudis, anemia, memar, pendarahan dan gigi yang mudah lepas. Kasus ini mungkin jarang terjadi, dan hanya terjadi pada kasus-kasus yang ekstrim. Walau begitu, perlu bagi Anda untuk tetap mengonsumsi vitamin C karena memiliki banyak fungsi yang bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan Anda.

Mengonsumsi Vitamin C dengan Tepat

Vitamin C dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan, seperti buah dan sayur. Sumber vitamin C alami antara lain adalah jeruk, kiwi, stroberi, buah kecapi, cabai, tomat, nanas, brokoli, bayam, paprika, dan kol.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C dengan dosis yang tepat sesuai anjuran dokter, atau sesuai aturan pakai yang tertera pada kemasan produk.

Anda disarankan untuk mengonsumsi vitamin C setelah makan untuk meminimalkan risiko gangguan pada lambung.

Dosis harian suplemen vitamin C yang direkomendasikan untuk dewasa adalah 75 miligram untuk perempuan dan 90 miligram untuk laki-laki. Anda sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari 2.000 miligram vitamin C per hari.

Selain mengonsumsi vitamin C, Anda juga disarankan untuk tetap menjalani pola hidup sehat dengan mengelola stres, tidur cukup, dan rutin berolahraga untuk mendukung upaya menjaga kesehatan tubuh.

Alasan pentingnya mengonsumsi vitamin C memang ada banyak. Namun, konsultasikan lebih lanjut dengan dokter terkait dosis vitamin C yang aman dan sesuai dengan kondisi Anda, terutama jika Anda memiliki riwayat penyakit, sedang hamil, maupun menyusui.

(Arsa)

Back to top button