20 Peserta Ikuti Pemilihan Cide Kode Benteng Kota Tangerang

20 Peserta Ikuti Pemilihan Cide Kode Benteng Kota Tangerang
20 Peserta Ikuti Pemilihan Cide Kode Benteng Kota Tangerang

Metrobanten – Sebagai rangkaian pemilihan Cide Kode Benteng Kota Tangerang tahun 2024, Yayasan Cide Kode Benteng melakukan jelajah sejarah dan budaya Cina Benteng dengan tema “The Eternal Spirit of Cina Benteng” yang diikuti oleh 20 orang calon Cide Kode Benteng 2024.

Jelajah dilaksanakan pada, Minggu (21/01/24) dengan mengunjungi berbagai lokasi yang menjadi ciri khas budaya Cina Benteng di antaranya, Dodol Ny. Lauw, Mpe Cun, hingga Rumah Duka Boen Tek Bio.

Cide Benteng tahun 2023, Upekha Tri Muliani mengatakan bahwa jelajah budaya ini sebagai upaya memaksimalkan dan mendalamkan informasi budaya-budaya Cina Benteng di Kota Tangerang kepada para peserta. Jelajah budaya juga dibutuhkan untuk meningkatkan kecintaan terhadap budaya-budaya Cina Benteng.

“Para Cide Kode Benteng terpilih ini nanti tugasnya adalah membantu untuk mengenalkan dan melestarikan budaya Cina Benteng.” kata Upekha Tri Muliani.

BACA JUGA: Pj Walikota Nurdin Pastikan Revitalisasi Pasar Anyar Lancar

”Sehingga, mereka harus mendalami dengan cara kunjungan langsung ke lokasi-lokasi yang memang sudah ditentukan oleh panitia. Terlebih, lokasi-lokasi ini juga memang menjadi bagian dari sejarah dari Cina Benteng di Kota Tangerang,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, tahapan selanjutnya bagi para peserta adalah workshop, karantina dan terakhir adalah pengumuman atau malam grand final yang akan dilaksanakan pada Maret 2024.

”Diharapkan, para Cide Kode Benteng 2024 terpilih dapat turut melestarikan dan mengenalkan budaya Cina Benteng tak hanya kepada warga Kota Tangerang tetapi juga kepada masyarakat luas.” ucap Tri Muliani.

“Kami harap, Cide Kode Benteng ini nantinya dapat mengenalkan dan melestarikan budaya Cina Benteng, khususnya kepada generasi muda saat ini. Sehingga, budaya-budaya Cina Benteng yang ada di Kota Tangerang akan terus lestari dan dapat dirasakan atau dinikmati oleh generasi-generasi penerus selanjutnya,” harapnya.

BACA JUGA: TP PKK Provinsi Banten Gencarkan Pemanfaatan Lahan Pekarangan

Sementara itu, salah seorang peserta, Grasiana Aurellia mengatakan bahwa ia mengikuti Cide Kode Benteng karena ingin budaya Cina Benteng lebih dikenal oleh masyarakat bahkan hingga luar negeri.

Sehingga, banyak yang akan melihat dan mempelajari budaya Cina Benteng ke Kota Tangerang dan akan mengangkat daya tarik wisata.

“Tentunya, jika banyak yang mempelajari dan ingin tahu tentang budaya Cina Benteng maka budaya ini akan terus berkembang, dan dikenal banyak orang. Kami harap, budaya Cina Benteng juga dapat dikenal hingga luar negeri. Sehingga, dapat menjadi daya tarik wisata budaya di Kota Tangerang,” tutupnya. (red)

Back to top button