Budi Sabarudin wujudkan aksi sedekah dongeng tersebut digelar di wilayah Tangerang Raya dan Provinsi Banten. Kemudian satu tahun sekali digelar di provinsi- provinsi yang ada di Indonesia.

Wow, Program Sedekah Dongeng Keliling Nusantara Kang Budi Euy Jalan 4 Tahun

Metrobanten, Tak terasa program Sedekah Dongeng Keliling Nusantara yang digagas Budi Sabarudin atau Kang Budi Euy sudah berjalan empat tahun lebih.

“Saya menggelar program itu sejak tahun 2015, tepatnya dimulai bulan Agustus. Sampai sekarang program itu masih berjalan,” kata Budi kepada wartawan, baru-baru ini.

Program tersebut diakuinya memiliki dua tujuan besar. Pertama, diharapkan bisa menjadi investasi kebaikan unggulan di dunia untuk bekal di akherat kelak.

“Tujuan itu memiliki dimensi keilahian. Artinya sebagai manusia saya menyadari betul memiliki banyak dosa. Dosa saya ibaratnya luasnya sudah seperti laut dan tingginya sudah seperti gunung-gunung,” ungkapnya.

Karena itu, dirinya sebagai manusia yang pasti mati harus terus memperbanyak berbuat kebaikan. Salah satunya melalui program Sedekah Dongeng Keliling Nusantara.

Menurut para ulama, diungkapkan Budi, sedekah itu memiliki banyak faedah yang sangat dahsyat, diantaranya bisa mengubah takdir dan meringankan sakaratul maut.

dongeng itu sebagai warisan kebudayaan yang kaya akan nilai-nilai dan pesan-pesan moral yang tinggi.

“Ya mudah-mudahan saja, dengan program sedekah itu, di akherat nanti saya mendapat kasih sayang Allah sehingga takdir saya di sana menjadi lebih bagus. Demikian juga jika pada saatnya nanti saya sakaratul maut, saya juga diringankan oleh Allah SWT sehingga kematian saya ada dalam kebaikan,” ujarnya.

Tujuan kedua  program sedekah dongeng itu dijelaskan Budi, berhubungan dengan aspek kebudayaan. Dongeng itu produk kebudayaan para leluhur di masa lampau yang diceritakan dari mulut ke mulut oleh generasi ke generasi.

Selain itu, dalam buku “96,4 menit Menjadi Pendongeng” karya Kak Hendri, dongeng juga bisa mempengaruhi kemajuan moral suatu bangsa dalam 25 tahun ke depan.

“Dalam buku itu dijelaskan hasil penelitian Mc Clelland di Inggris. Pada 17 M, Inggris saat itu sebagai negara maju. Namun  ke depannya malah semakin terus maju dan maju. Kenapa demikian, karena muatan dongeng-dongeng di Inggris lebih banyak berisi tentang kebutuhan akan berprestasi,” ujarnya.

Budi juga mengatakan dongeng itu sebagai warisan kebudayaan yang kaya akan nilai-nilai dan pesan-pesan moral yang tinggi. Karena itu, dirinya ingin dan akan terus berusaha menjaga warisan itu agar tetap lestari, sehingga dongeng sebagai sastra tutur bisa hidup di segala zaman dan mwnguatkan moral bangsa Indonesia.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, program sedekah dongeng tersebut digelar di wilayah Tangerang Raya dan  Provinsi Banten. Kemudian satu tahun sekali digelar di provinsi- provinsi yang ada di Indonesia.

Program itu dilaksanakan di bawah bendera Jelajah Dongeng Indonesia Kang Budi Euy. “Saya menggunakan nama Budi Euy ketika sedang mendongeng,” aku Budi yang juga seorang jurnalis ini.

Berikut ini perjalanana program tersebut ; (1l) Sedekah Dongeng Keliling Tangerang Raya tahun 2015 sampai sekarang. (2) Sedekah Dongeng Keliling Provinsi Banten tahun 2016 sampai sekarang. (3) Sedekah Dongeng Keliling Nusa Tenggara Timur (NTT) 2017. (4) Sedekah Dongeng Keliling Jabodetabek tahun 2017 sampai sekarang. (5) Sedekah Dongeng Keliling Lampung Selatan tahun 2018. (6) Sedekah Dongeng Keliling 7 Kota  : Jawa Barat dan Jawa Tengah tahun 2018

(Indramayu-Cirebon-Kuningan-Brebes-Tegal-Pemalang-Pekalongan). (7) Sedekah Dongeng Keling 3 Provinsi : Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat tahun 2019

(Desa Kalipuro dan Kedungdoro di Banyuwangi, Denpasar dan Karangasem di Bali, Kota Mataram, Lombok Tengah, Lombok Timur dan Lombok Utara di NTB).

“Mohon doa tahun 2020 saya ingin sekali sedekah dongeng keliling ke 6 provinsi ke Bengkulu, Palembang, Jambi, Riau, Medan dan Aceh. Semoga ada donaturnya dan semoga Allah meridhoi,” katanya.   

(Bs,Arsa)

Check Also

Peduli Dampak Covid-19, Polri Tetap Bangun Empati dan Ikatan Sosial Pada Masyarakat

Post Views: 839 Metrobanten, Banten – Sejak diberlakukannya Physical Distancing (jaga jarak fisik) sebagai upaya ...

Metrobanten.co.id : Menyajikan Berita Terkini, Peristiwa, Gaya Hidup, Nasional, Internasional, Bisnis, Ekonomi, Wisata, Kuliner dan Liputan Khusus.