Wisata Murah dan Edukatif Banksasuci Banyak Dikunjungi Masyarakat

Wisata Murah dan Edukatif Banksasuci Banyak Dikunjungi Masyarakat
Banksasuci merupakan wisata alam dengan pemandangan Sungai Cisadane yang membentang luas.

 

Metrobenten, Tangerang – Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci) berlokasi di Jl. Taman Cisadane, Gg. Muara Buntu, Panunggangan, Kecamatan Cibodas, kini ramai dikunjungi masyarakat yang ingin menghirup udara segar sekaligus berwisata murah meriah, Selasa (17/11/20).

Banksasuci merupakan wisata alam dengan pemandangan Sungai Cisadane yang membentang luas. Banyak pengunjung yang menikmati liburan bersama keluarga, pacar atau teman sebaya. Namun, siapa sangka jika dulunya Banksasuci merupakan hutan ilalang.

Baca juga: Kapolresta Tangerang Pastikan Tindak Tegas Pelanggar PSBB

“Awalnya tempat ini hutan belantara, banyak ilalang,” Ujar Ade Yunus, atau yang sering disapa Kang Ade selaku ketua komunitas Banksasuci.

Menurut penuturannya, Kang Ade dan teman-temannya bermodalkan lima belas ribu dan bekerja sama membersihkan ilalang yang menjulang tinggi dan mengumpulkan sampah.

Baca juga: Tak Hanya Bikin Hangat, Minuman Jahe Punya Banyak Khasiat

Sejak saat itu, mereka mulai membuat saung dari bambu yang menyangkut di sungai Cisadane, untuk saung sampahnya terlebih dahulu.

“Sampah yang kami kumpulkan kan ada yang punya nilai ekonomis, seperti sampah plastik. Kita kumpulin, kemudian dijual. Dari hasil penjualan itu kita bikin saung lagi,” Kang Ade bercerita.

Kang Ade berharap agar remaja-remaja zaman sekarang tak hanya bergaya nongkrong di mall dan buang sampah seenaknya.

“Karena apa yang kita makan, kalau kita sakit ya salah kita. Kalau lingkungan rusak, banjir, salah kita juga,” ujar Kang Ade lagi.

Selain menjadi tempat wisata yang murah, Banksasuci juga menawarkan edukasi bagi pengunjungnya. Salah satunya yaitu dengan menceritakan sejarah Cisadane kepada wisatawan. ( Ka/ Yu/ Zah )

Check Also

8.040 Dosis Vaksin Covid-19 Sinovac tiba di Kabupaten Lebak

8.040 Dosis Vaksin Covid-19 Sinovac tiba di Kabupaten Lebak

  Metrobanten, Lebak – Sebanyak 8.040 dosis vaksin Covid-19 sinovac mulai disebar di sejumlah Fasilitas Kesehatan (Faskes) di Kabupaten ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup