Wapres Ma’ruf Amin Tinjau Simulasi Vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Cikarang Utara

Wapres Ma'ruf Amin Tinjau Simulasi Vaksinasi COVID-19 Di Puskesmas Cikarang Utara
Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin meninjau simulasi vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang diselenggarakan di Puskesmas Cikarang.

 

Metrobanten, Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin beserta rombongan terbatas bertolak ke Cikarang, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Kamis (19/11/2020) pagi. Kunjungan Wapres kali ini adalah untuk meninjau simulasi vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang diselenggarakan di Puskesmas Cikarang.

Dengan berkendara mobil, Wapres dan rombongan berangkat dari kediaman resmi Wapres pukul 08.00 WIB dan tiba di Puskesmas Cikarang sekitar pukul 08.50 WIB. Tampak menyambut kedatangan Wapres, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja.

“Simulasi ini merupakan bagian daripada persiapan pelaksanaan vaksinasi secara keseluruhan nanti yang sudah direncanakan oleh Pemerintah,” kata Ma’ruf Amin di Cikarang.

Baca juga: Mendagri Instruksikan Sanksi Pemberhentian Kepala Daerah Terkait Prokes

Wapres menjelaskan ada persiapan yang dilakukan sebelum vaksinasi dilakukan, antara lain penyiapan data penerima vaksin, tahapan penyuntikan, mekanisme pendistribusian, hingga model pengolahan limbah vaksin tersebut.

“Ada beberapa yang disiapkan, termasuk menyiapkan data, nama-nama yang akan divaksin di seluruh Indonesia, kemudian tahapan-tahapan-nya, pendistribusian vaksinnya, dan juga bagaimana limbah vaksin yang banyak itu ditangani,” tutur-nya.

Baca juga: Wahidin Halim Perpanjang PSBB Provinsi Banten Tahap III

Wapres tiba di Puskesmas Cikarang Utara pukul 08.50 WIB dan langsung berkeliling untuk meninjau simulasi vaksinasi COVID-19 bersama dengan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Sri Enny.

Simulasi vaksinasi COVID-19 merupakan bagian dari upaya Pemerintah menyampaikan sosialisasi terkait vaksin COVID-19 yang saat ini masih dalam tahap uji klinis.

Sosialisasi vaksin COVID-19 oleh Pemerintah bertujuan untuk mengenalkan pentingnya injeksi vaksin untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 guna mengakhiri pandemik.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga meninjau pelaksanaan simulasi vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Tanah Sareal, Bogor, Jawa Barat pada Rabu (18/11).

Presiden mengatakan vaksinasi COVID-19 di Indonesia diharapkan terealisasi pada akhir 2020 atau awal 2021, setelah melalui tahapan uji klinis dan verifikasi dari Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM). (red)

Check Also

Bupati Zaki Tinjau Potensi Kerawanan Banjir di Kelapa Dua

Bupati Zaki Tinjau Potensi Kerawanan Banjir di Kelapa Dua

  Metrobanten, Tangerang – Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meninjau lokasi yang menjadi potensi terjadinya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup