Wapres Harapkan Peran Aktif IKADI untuk Kesejahteraan Masyarakat

Wapres Harapkan Peran Aktif IKADI untuk Kesejahteraan Masyarakat
Wapres Harapkan Peran Aktif IKADI untuk Kesejahteraan Masyarakat.

Metrobanten – Peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing dan kesejahteraan masyarakat menjadi fokus pemerintah dalam mewujudkan visi Indonesia Maju. Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan peran aktif para pemangku kepentingan, termasuk Ikatan Dai Indonesia (IKADI).

“Saya harapkan Rakornas IKADI akan menjadi organisasi semakin solid dalam merealisasikan program-program yang membawa kemaslahatan bagi umat,” ujar Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) IKADI ke-2 secara daring, Jumat malam (20/01/2023).

Lebih jauh, Wapres berharap melalui dakwah, IKADI juga turut menyebarkan Islam wasathiyah di tanah air, karena konsep tersebut merupakan identitas muslim Indonesia.

“Meningkatkan pemberdayaan serta meneguhkan Islam wasathiyah sebagai karakter umat Islam Indonesia,” tambahnya.

Wapres menyadari bahwa di tengah derasnya arus informasi, masyarakat dapat dengan mudah terpancing dengan isu-isu hoaks yang dapat memecah belah persatuan. Untuk itu, dalam kesempatan ini, Wapres meminta para dai dan ulama untuk bersama-sama menghadapi tantangan tersebut dengan kapasitasnya masing-masing.

“Keberhasilan bangsa kita dalam melewati tantangan tersebut, menuntut penguatan kapasitas dai dan ulama di seluruh tanah air,” ungkap Wapres.

Dengan berbagai tantangan yang dihadapi di era disrupsi ini, Wapres berharap IKADI juga menyiapkan strategi dakwah yang membawa kedamaian dan ketenangan bagi seluruh umat, dan juga tetap berpegang teguh pada Al-Qur’an dan hadits.

“Saya berharap IKADI dapat merumuskan strategi dakwah Islam rahmatan lil’alamin yang berlandaskan kepada Al-Qur’an dan al hadis, di tengah disrupsi akibat perkembangan teknologi digital,” pesan Wapres.

Selain itu, Wapres mengharapkan santrinisasi umat dapat diwujudkan melalui kegiatan dakwah yang diselenggarakan oleh IKADI.

“Melalui Rakornasi ini diharapkan agar fokus utama dakwah yang dilakukan oleh IKADI, bahkan oleh semua lembaga dakwah, yaitu santrinisasi umat Islam yang belum menjalankan ajaran agama secara penuh,” harap Wapres.

“Selamat melaksanakan Rakornas Ikadi ke-2. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan ‘inayah-Nya dan meridai setiap ikhtiar yang kita lakukan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PP IKADI Ahmad Kusyairi Suhail menyampaikan bahwa IKADI akan memberikan kontribusinya dalam mewujudkan Indonesia maju melalui peningkatan kualitas bangsa dalam fondasi Islam rahmatan lil ‘alamin.

“Melalui Rakornas ini kita ingin meneguhkan dakwah islam rahmatan lil ‘alamin untuk sinergi umat dan bangsa menuju Indonesia maju,” ucap Ahmad.

“Bersama IKADI benar-benar dapat kita wujudkan semangat yang sama, ruh yang baru bagi peningkatan kualitas umat dan bangsa,” imbuhnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Ketua MPR RI Wakil Hidayat Nur Wahid, Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Siti Rohmi Djalillah beserta jajaran Forkopimda Nusa Tenggara Barat, dan Ketua Dewan Syuro IKADI Achmad Satori Ismail.

Sementara, Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerataan dan Wawasan Kebangsaan Velix Wanggai, serta Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi dan Mohamad Nasir. (Hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button