BANTENNEWS

Wabup Serang Minta Kukerta Mahasiswa UIN SMH Buat Tiga Program

Wabup Serang Minta Kukerta Mahasiswa UIN SMH Buat Tiga Program
Wabup Serang Minta Kukerta Mahasiswa UIN SMH Buat Tiga Program.

 

MetroBanten, Serang – Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa menerima dan melepas kuliah kerja nyata (Kukerta) Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin (UIN SMH) Banten. Pandji berpesan kepada para mahasiswa agar membuat tiga program di tengah-tengah masyarakat.

“Ketiga program itu educate (mendidik), entertain (menghibur), dan explain (menjelaskan),”ujar Pandji dalam sambutannya di Lapangan Tenis Indor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Serang pada Senin, 18 Juli 2022.

Dijelaskan Pandji, educate yaitu program yang bisa mendidik masyarakat, menambah pengetahuan dan keterampilan baru, entertain yakni program yang bisa menghibur masyarakat, dan explain program yang bisa menjelaskan dengan baik sesuatu yang baru yang mahasiswa bawa dan akan dikolaborasikan.

BACA JUGA: Arief Imbau Pengembang untuk Serahkan PSU ke Pemkot Tangerang

Menurut Pandji, sebagus apapun program yang telah dirancang tidak akan terlaksana dengan baik tanpa adanya kerjasama yang baik antara berbagai pihak terkait.

Oleh karena itu, jadikan program sebagai gerakan di masyarakat, lakukan terus kerjasama dengan semua pihak yang terkait.

“Mahasiswa harus senantiasa melakukan konsultasi dan koordinasi intensif dengan dosen pembimbing lapangan,”katanya.

BACA JUGA: Pilar: Pemkot Tangsel akan Gelar Sayembara Desain Bundaran Maruga

Pandji menambahkan, bahwa mahasiswa sebagai agen pembaharuan harus mampu memposisikan dan menyesuaikan diri dengan masyarakat selama mengikuti KKN. Karena mahasiswa dapat berperan sebagai pemberi informasi, motivator, penghubung antar sistem atau fasilitator.

“Peran ini tidak mudah, karena permasalahan di masyarakat sangat kompleks dan beragam sebagai dampak perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek),”ungkapnya.

Diketahui Kukerta UIN SMH Banten diikuti 188 mahasiswa yang akan diterjunkan ke empat kecamatan di Kabupaten Serang meliputi Kecamatan Tunjung teja sebanyak 130 orang, Kecamatan Pontang 15 orang, Kecamatan Tirtayasa 15 orang, dan Kecamatan Mancak 28 orang. Turut hadir Rektor UIN SMH Banten, Ketua LPNM UIN SMH Banten, para Dosen DPL UIN SMH Banten. (*)

Back to top button