Tutup KTT G20, Presiden Serahkan Kepemimpinan G20 kepada India

Tutup KTT G20, Presiden Serahkan Kepemimpinan G20 kepada India

Metrobanten – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali telah berhasil mengesahkan Deklarasi Pemimpin G20 atau G20 Bali Leaders Declaration.

“Alhamdulillah hari ini kita dapat mengadopsi dan mengesahkan G20 Bali Leaders Declaration. Ini adalah deklarasi pertama yang dapat diwujudkan sejak Februari 2022,” kata Presiden pada pidato penutupan KTT G20 yang diselenggarakan di Hotel Apurva Kempinski, Bali, Rabu (16/11).

Presiden juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua yang hadir yang telah memberikan fleksibilitasnya sehingga deklarasi dapat disepakati dan disahkan.

“Saya juga ingin menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh working groups dan engagement groups atas dedikasi, sumbangan pemikiran, dan kontribusinya bagi Presidensi G20 Indonesia,” ujar Presiden.

Selain deklarasi, Presidensi Indonesia juga menghasilkan concrete deliverables yang berisi daftar proyek kerja sama negara anggota G20 dan undangan. Proyek kerja sama tersebut yang akan membantu membumikan kerja G20 lebih dekat dengan rakyat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menutup Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali sekaligus menyerahterimakan tampuk kepemimpinan Presidensi G20 berikutnya kepada India.

“Dengan ini, saya nyatakan KTT G20 di Bali, Indonesia ditutup dan palu kepemimpinan saya serahkan kepada India.” ujar Presiden pada pertemuan ketiga KTT G20 yang diselenggarakan di Hotel Apurva Kempinski, Bali, Rabu (16/11).

“Saya ingin menyampaikan selamat kepada India yang akan melanjutkan kepemimpinan Presidensi G20 berikutnya,” tambahnya.

Presiden meyakini bahwa India mampu memegang amanah untuk menjaga dan mewujudkan pemulihan global, serta pertumbuhan yang kuat dan inklusif selanjutnya.

“Saya yakin di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Modi, G20 akan terus bergerak. Sebagai sahabat India dan sebagai bagian dari Troika, tahun depan Indonesia siap untuk mendukung kesuksesan Presidensi G20 India. Saya juga meminta kepada semua pimpinan G20 yang hadir untuk mendukung India tahun depan,” kata Presiden. (Hms)

Back to top button