Telkom Bawa UKM Binaan Ikuti China-ASEAN Expo

Telkom Bawa UKM Binaan Ikuti China-ASEAN Expo
Telkom Bawa UKM Binaan Ikuti China-ASEAN Expo

Metrobanten – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mempunyai komitmen dalam mendukung UMKM Go Global, dan untuk ini, Telkom pun mewujudkannya.

Telkom membawa total tiga produk usaha mikro kecil (UMK) binaannya pada kegiatan China-ASEAN Expo beberapa waktu lalu.

China-ASEAN Expo tersebut diselenggarakan di Nanning International Convention and Exhibition Center (NICE), yang berlokasi di kota Nanning, Guangxi, China.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia. Ma’ruf Amin. Menteri BUMN. Erick Thohir juga hadir dan berkesempatan memberikan pesan mengenai penguatan komitmen Kementerian BUMN untuk membawa UMKM menembus pasar global.

Acara China-ASEAN Expo ini sendiri merupakan pameran hasil kesepakatan pada KTT China ASEAN ke-7 di bulan Oktober 2003 yang turut menjadi wadah kerja sama antara China dan negara-negara di ASEAN dalam bidang perdagangan, investasi, dan juga wisata.

Bersanding dengan belasan pelaku UMK se-Indonesia, Telkom menampilkan sejumlah UMK unggulan binaannya yaitu ROTB Bali, Radalexo Bali, dan Soko Craft dari Pekalongan.

Melalui kegiatan ini, Telkom berupaya menyediakan wadah bagi para UKM binaannya untuk mulai mengenal wilayah pengembangan usaha yang lebih luas dan menjanjikan bagi masa depan UKM yang disambut baik oleh para pelaku usaha, salah satunya UKM Radalexo.

“Semoga ke depannya kami bisa ikut serta kembali dalam pameran-pameran UKM lainnya baik di dalam maupun luar negeri. Pameran seperti ini menurut saya sangat bagus selain mengenalkan produk UKM lokal tapi juga menambah semangat bagi para pelaku UKM untuk bekerja, berkreatifitas, serta berkompetisi dengan pelaku UKM lain”, ujar Pemilik UKM Radalexo, Ni Putu Radhani Sanjigandewi.

BACA JUGA: Pemerintah Atur Medsos Hanya Fasilitasi Promosi Bukan Transaksi

Dukungan Telkom ini merupakan salah satu wujud komitmen untuk mencapai tujuan SDGs poin 8, yang memastikan mata pencaharian dan pertumbuhan ekonomi yang baik, salah satunya dengan meningkatkan level UMKM di Indonesia dengan kegiatan ekspor produk ke luar negeri.

Hal ini juga sekaligus merupakan bentuk kepedulian Telkom dalam membangun kemajuan UMKM untuk bisa mencapai kancah global.

Selain itu, Telkom turut memberikan pembinaan berupa edukasi mengenai pentingnya memahami digitalisasi sebagai langkah awal para pelaku usaha beradaptasi dengan perkembangan globalisasi yang terus berlangsung hingga saat ini.

BACA JUGA: Pemerintah Tidak Menaikan Tarif Listrik Bagi Pelanggan Non-Subsidi

Telkom juga memberikan upaya lainnya berupa pengadaan sertifikasi bagi para pelaku usaha hingga pembekalan setiap pelaku UMKM untuk dapat berkembang luas ke kancah global.

“Sejalan dengan fokus Telkom yang menyasar segmen B2B, Telkom senantiasa mendukung UKM Indonesia untuk masuk ke kancah global dan memperluas pasarnya guna mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Diharapkan melalui keikutsertaan UKM binaan Telkom di acara ini, dapat menjadi motivasi bagi para pelaku UKM untuk terus berkembang maju,” tutup SGM Community Development Center Telkom, Hery Susanto. ***

Back to top button