Syafrudin Optimis Kota Serang Masuk 3 Besar dalam IGA 2022

Syafrudin Optimis Kota Serang Masuk 3 Besar dalam IGA 2022

Metrobanten – Walikota Serang Syafrudin bersama dengan Kepala Bappeda Kota Serang M Ridwan, Kepala Bapenda Kota Serang W. Hari Pamungkas, Kepala DP3AKB Kota Serang Anton Gunawan menerima kunjungan tim Kemendagri kaitannya dengan Innovative Government Award (IGA) tahun 2022 bertempat di Ruang Kerja Walikota Serang, Kamis (01/12).

Kunjungan ini merupakan tahapan lanjutan dari IGA yang bertujuan untuk memvalidasi lapangan dari apa yang telah dipresentasikan oleh Pemerintah Kota Serang. 

Pada kesempatan tersebut, Walikota Serang Syafrudin mengatakan bahwa dari 78 inovasi yang ada di Kota Serang hanya 2 yang dipresentasikan kepada Kemendagri dan ini yang akan di validasi oleh tim Kemendagri, yaitu Kampung Resik Lan Aman dan Peka Pajak. 

Disampaikan Syafrudin bahwa alasan dipilihnya program Kampung Resik Lan Aman karena bertujuan untuk mengentaskan kekumuhan di Kota Serang. Kemudian alasan dipilihnya Peka Pajak karena memudahkan masyarakat untuk membayar pajak. 

“Kampung Resik Lan Aman (RLA) ini merupakan terobosan untuk mengentaskan kekumuhan masyarakat Kota Serang dan terbukti memang sudah 3 tahun ini terutama masalah sampah yang selama ini menjadi problem untuk Kota Serang.” Ucap Syafrudin.

“Ini sudah hampir terselesaikan kemudian juga kekumuhan kaitannya dengan drainase yang tersumbat di semua perkampungan karena dengan adanya lomba RLA, ini alhamdulillah semuanya lancar kemudian juga keamanan dan bebas narkoba itu juga menjadi kriteria penilaian kemudian juga keasrian lingkungan” jelasnya.

“Peka pajak ini merupakan terobosan yang sangat luar biasa peningkatannya sangat luar biasa dari PAD kita tahun 2018 itu hanya Rp185 Miliar di tahun ini mencapai Rp300 Miliar jadi sudah hampir 100 persen peningkatannya hanya dengan waktu 4 tahun, kemudian pembayaran pajak saat ini sudah tidak sulit, jadi bisa langsung transaksi menggunakan payment digital” Sambungnya. 

Lebih lanjut, Syafrudin optimis dengan 2 inovasi yang dipresentasikan dan akan di validasi akan menjadi Kota Serang masuk kedalam 3 besar dalam program Innovative Government Award tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kemendagri. 

“Mudah-mudahan setelah dilakukan monitoring ini kita masuk kedalam 3 besar, kita harus optimis, bukan hanya 12 besar lagi kalau bisa kita masuk 3 besar atau kita yang menang” Ucapnya. 

Adapun Tim Kemendagri yang bertugas untuk melakukan validasi lapangan di Kota Serang yaitu Muhammad Dimyati, Anthonius Riva, Sopar Bachtiar. Salah satu Tim Validasi Lapangan Dimyati mengucapkan apresiasi kepada teman-teman di Kota Serang yang sudah sangat luar biasa mendampingi kami untuk melakukan validasi dalam rangka mendorong inovasi di Kota Serang. 

“Dan pada kesempatan ini, kami bertugas untuk melakukan validasi lapangan atas penilaian yang selama ini sudah dilakukan mulai dari penjaringan kemudian sampai dengan tahap presentasi teman-teman dari Pemerintah Daerah untuk saatnya pada tahapan terakhir ini kita melakukan validasi” Ucapnya. 

Lebih lanjut, Dimyati mengatakan akan melihat secara langsung 2 inovasi di Kota Serang yaitu Kampung Resik Lan Aman dan Peka Pajak yang nantinya akan dilakukan rekapitulasi untuk menentukan apakah Kota Serang merupakan kota inovatif. 

“Kita akan mencoba melihat 2 inovasi di Kota Serang yaitu inovasi terkait dengan perpajakan dan gotong royong, nanti kita akan melihat bersama-sama dan setelah itu kita akan rekapitulasi untuk menentukan apakah betul-betul Kota Serang ini merupakan kota yang inovatif” Ucapnya. (Hms)

Back to top button