Dinas Kesehatan memberikan hadiah spesial kepada masyarakat dan kota Tangerang melalui "Tangerang Cenghar" yaitu cek kesehatan, pengobatan, penyuluhan yang dipersembahkan untuk HUT kota Tangerang.

Spesial HUT Ke-27, Tangerang Cenghar: Dinkes Kota Tangerang Senam Bersama

Metrobanten, Kota – Dalam rangka meriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Tangerang Ke-27, Dinas Kesehatan memberikan hadiah spesial kepada masyarakat dan kota Tangerang melalui “Tangerang Cenghar” yaitu cek kesehatan, pengobatan, penyuluhan yang dipersembahkan untuk HUT kota Tangerang.

Kegiatan bertempat di Pasar Baru Ciledug, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang. Sebelum cek kesehatan gratis, dilaksanakan senam bersama Wakil Wali Kota Tangerang H.Sachrudin, Kepala dinas Kesehatan Hj Liza Puspadewi, Lurah, Camat, Kapolsek Ciledug, masyarakat dan para tamu undangan, Sabtu (15/2/20).

Wakil Wali Kota Tangerang H.achrudin usai senam bersama mengatakan, Tangerang Cenghar ini dalam rangka meriahkan HUT kota Tangerang ke-27, untuk itu Sachrudin mendoakan masyarakatnya sehat, tambah sejahtera, dan ber-akhlakul karimah.

“Sehingga dapat berdaya saing tinggi,” tutur H.Sachrudin.

Oleh karenanya, Sachrudin menambahkan, dengan kehadiran program-program dari Dinas kesehatan tersebut, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan sarana yang sudah diberikan pemerintah dalam hal kesehatan.

“Semoga masyarakat Kota Tangerang diberikan kesehatan dan kesejahteraan,” tukasnya.

Sementara Kadis Kesehatan Kota Tangerang Hj Liza Puspadewi menyebut, Tangerang Cenghar ini spesial untuk masyarakat dalam menyambut HUT Ke-27, dimana pelayanan ini bentuk sinergitas pelayanan kesehatan ke masyarakat antara RS, PKM dan Klinik, pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan, mencegah terjadinya Penyakit Tidak Menular (PTM).

“Kegiatan ini menitikberatkan kepada penyakit tidak menular, untuk itu kami men-skrining masyarakat mana yang akan mulai sakit dan belum sakit. Dan kami akan mem-follow-up agar tidak sakit. Karena kebanyakan dari penyakit PTM sudah terdeteksi menjadi penyakit PTM, maka sulit untuk pasien lepas dari obat-obatan, bahkan bisa seumur hidup meminum obat, untuk itu kegiatan ini untuk mencegahnya,” jelas Liza.

“Acara ini kami fokuskan bagaimana mendeteksi sedini mungkin penyakit PTM. Termasuk diantaranya pemeriksaan indeks massa tubuh dimana pasien tidak ideal mereka overweight berarti ada organ-organ tubuh yang tidak bekerja dengan baik dan ini yang harus kita cegah. Itu merupakam pemeriksaan yang sederhana, kalau masyarakat sudah sakit, maka pemeriksaannya akan panjang,” sambungnya.

Lebih lanjut, dr Liza menuturkan, Tangerang Cenghar dilaksanakan serentak hari ini di 36 titik kota Tangerang. Dengan tujuan agar masyarakat merasakan pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Pemerintah kota Tangerang untuk masyarakatnya.

Direktur Rs Sari Asih Ciledug, Dr Ni’matullah Mansur, sangat mengapresiasi sekali kegiatan Tangerang Cenghar sebagai kado spesial di HUT kota Tangerang ke-27.

“Kami berpartisipasi dalam acara ini yakni deteksi dini penyakit tidak menular, dengan acara ini hal itu dapat diantisipasi lebih dini agar tidak berlanjut lebih berat sakitnya,” katanya.

“Dan kami telah menyediakan dokter serta perawat untuk memeriksakan tekanan darah serta gula darah, kemudian memberikan penyuluhan agar masyarakat tetap hidup sehat,” tuturnya.

Ni’mattullah mengatakan, ini upaya untuk pencegahan dan penyadaran kepada masyarakat agar hidup lebih sehat lagi dan saya berharap dengan kegiatan ini, penyakit tidak menular dapat berkurang.

“Sehingga jumlah kematian akibat PTM dapat berkurang di kota Tangerang. Terlebih jika kegiatan ini rutin dilakukan, masyarakat bisa lebih mendeteksi dari awal,” pungkasnya.

Acara ini bekerjasama dengan Rs Sari Asih Ciledug, Rs Bakti Asih, Klinik Karang Tengah Medika, Puskesmas Ciledug dan lainnya yang difasilitasi oleh IDI, IBI, PDGI, organisasi profesi lainnya.

Usai senam bersama Dinkes membagi-bagikan makanan sehat berupa asupan buah-buahan dan membagikan hadiah, TV, Kompor gas, Rice Cooker, dan lainnya juga goodybag kepada masyarakat yang hadir.

Sebagai informasi, sebelumnya Dinkes Kota Tangerang juga memiliki kegiatan Sapa Sehat yakni senam 30 menit, asupan sayur dan buah, pemeriksaan kesehatan dan cek rumah dan lingkungan kita. Sedangkan Tangerang Cenghar ini kegiatan spesial menyambut HUT kota Tangerang ke-27 selain senam, pengecekan kesehatan juga bagi-bagi kado kepada masyarakat.

Jenis Penyakit Tidak Menular (PTM) diantaranya, penyakit Jantung, Kencing Manis, Rematik, Hipertensi, Depresi, Sariawan dan lainnya. (Adv)

Check Also

Pemprov Banten Segera Salurkan Dana Hibah Rp.117 Miliar Untuk 3.926 Pondok Pesantren TA 2020

Post Views: 814 Metrobanten, Banten – “Segera berikan haknya kepada penerima dana (pondok pesantren, red). ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Metrobanten.co.id : Menyajikan Berita Terkini, Peristiwa, Gaya Hidup, Nasional, Internasional, Bisnis, Ekonomi, Wisata, Kuliner dan Liputan Khusus.