Segudang Manfaat Mengonsumsi Buah Anggur untuk Ibu Menyusui

Segudang Manfaat Mengonsumsi Buah Anggur untuk Ibu Menyusui
Kandungan vitamin C pada buah anggur mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Merobanten – Mengonsumsi makanan sehat tentu jadi satu hal penting bagi Mama usai melahirkan. Sebab di waktu tersebut, tubuh perlu lebih banyak nutrisi untuk mendukung proses pemulihan.

Tak hanya sayur, buah juga jadi pilihan makanan kaya nutrisi yang bisa dikonsumsi seusai persalinan. Buah dikenal kaya akan serat serta antioksidan, yang bisa mendukung kesehatan organ tubuh, sehingga proses pemulihan bisa berjalan lebih optimal.

Manfaat buah anggur untuk ibu menyusui berasal dari kandungan gizinya yang cukup lengkap. Buah yang terdiri dari beberapa warna ini mengandung karbohidrat, serat, protein, kalium, mangan, tembaga, serta vitamin B1, B2, B6, C, E, dan K. Nah, berkat kandungannya tersebut, rutin mengonsumsi buah ini turut mendukung kesehatan Busui, lho.

Inilah Manfaat Buah Anggur untuk ibu Menyusui

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah anggur untuk ibu menyusui, di antaranya:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Pada bulan-bulan pertama, semua aktivitas baru bahkan pola tidur yang berantakan bisa membuat Busui jadi mudah sakit, lho. Salah satu upaya agar Busui tetap sehat ketika merawat buah hati adalah dengan mengonsumsi buah kaya vitamin C, seperti anggur.

Soalnya, kandungan vitamin C pada buah anggur mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Jika diimbangi dengan pengaturan pola makan sehat lainnya, maka kesehatan Busui akan tetap terjaga.

2. Membantu penyembuhan luka

Sebagian ibu yang baru melahirkan, terutama yang menjalani operasi caesar umumnya memiliki luka bekas operasi. Belum lagi, luka lecet di payudara saat menyusui Si Kecil.

Nah, untuk membantu proses penyembuhan luka-luka tersebut, Busui bisa nih mengandalkan manfaat resveratrol dari buah anggur, khususnya anggur merah. Soalnya, kandungan ini bisa membantu penyembuhan luka yang mungkin Busui alami setelah melahirkan.

3. Memperbanyak produksi ASI

Resveratrol pada buah anggur adalah fitoestrogen atau polifenol yang baik. Kandungan ini dipercaya bisa meningkatkan hormon estrogen, yang dibutuhkan untuk meningkatkan produksi ASI.

Namun, Busui tidak boleh hanya bergantung pada anggur, ya. Supaya ASI yang dihasilkan jadi lebih banyak, Busui juga dianjurkan untuk minum air putih yang cukup, rutin menyusui bayi atau memompa ASI, serta minum suplemen laktasi bila dibutuhkan.

4. Meningkatkan daya ingat

Sebagian ibu yang baru saja melahirkan sering kali mengeluh jadi mudah lupa atau mengalami mommy brain. Kondisi ini sebenarnya adalah hal yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan.

Namun, tentu saja kondisi ini bisa membuat Busui kurang nyaman, ya. Guna mempertajam fungsi otak, Busui bisa membuat catatan penting, mendapatkan istirahat yang cukup, atau memainkan permainan yang mengasah otak, seperti puzzle.

Selain itu, Busui juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat, salah satunya buah anggur. Soalnya, kandungan resveratrol pada anggur diketahui juga bisa meningkatkan daya ingat dan fungsi otak.

5. Menguatkan rambut

Tidak sedikit ibu menyusui yang mengalami rambut rontok ketika menyusui. Sebenarnya, ini merupakan hal normal yang terjadi karena adanya perubahan hormon setelah melahirkan.

Nah, cara yang bisa Busui lakukan untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan melakukan perawatan khusus untuk rambut rontok. Selain itu, rutin mengonsumsi makanan bergizi, termasuk buah anggur diketahui juga bisa memperkuat rambut, sehingga bisa mengatasi masalah rambut rontok dan mempercepat pertumbuhan rambut.

6. Membuat tidur lebih nyenyak

Kulit buah anggur mengandung melatonin yang bermanfaat untuk membuat tidur lebih nyenyak. Hal ini tentunya sangat baik bagi ibu menyusui, mengingat Busui sangat rentan kurang tidur karena harus selalu terjaga dan menyusui Si Kecil kapan saja.

Guna memperoleh manfaat ini, pastikan Busui mengonsumsi anggur beserta kulitnya. Namun, jika akan dikonsumsi bersama kulitnya, pastikan anggur sudah dicuci bersih dan bebas dari sisa pestisida, ya.

Dilihat dari manfaatnya untuk ibu menyusui, mulai sekarang Busui jangan lupa memasukkan buah anggur ke dalam menu makanan harian. Busui bisa mengonsumsi anggur secara langsung, diolah menjadi jus, atau sebagai campuran dalam salad buah.

Supaya kesehatan Busui tetap terjaga, selain mengonsumsi buah anggur, pastikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dari makanan sehat lainnya, seperti ikan, dagung, telur, kacang-kacangan, dan aneka sayur.

Bila Busui masih memiliki pertanyaan seputar manfaat buah anggur untuk ibu menyusui atau ingin mengetahui makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi selama masa menyusui, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan saran terbaik, ya.

(Sumber: Alodokter)

Back to top button