Sederet Manfaat Jus Wortel untuk Kesehatan Tubuh

Sederet Manfaat Jus Wortel untuk Kesehatan Tubuh

Metrobanten – Apakah Anda salah satu dari sekian banyak orang yang menggemari wortel? Sayuran yang satu ini memang mengandung berbagai zat gizi yang menyehatkan. Di samping itu, wortel juga bisa diolah menjadi apa saja, salah satunya dijadikan jus wortel.

Manfaat jus wortel tidak perlu diragukan lagi. Minuman yang berasal dari sayuran berwarna oranye ini memang kaya akan sejumlah nutrisi penting yang baik untuk kesehatan. Nggak percaya? Coba, simak uraian lengkapnya di sini.

Jus wortel menyimpan beragam gizi penting untuk tubuh, seperti gula, serat, kalium, mangan, fosfor, tembaga, serta vitamin A, B6, C, dan K. Tidak hanya itu, sayur ini pun tinggi antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Sederet Manfaat Jus Wortel untuk Kesehatan

Nah, berkat kandungan nutrisi yang melimpah, mengonsumsi jus wortel bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, di antaranya:

1. Mendukung kesehatan mata

Manfaat wortel untuk kesehatan mata tidak perlu diragukan lagi. Soalnya, sayur ini tinggi kandungan karoten dalam bentuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin.

Lutein dan zeaxantin diketahui bisa mencegah kerusakan akibat paparan sinar biru yang terjadi dalam jangka panjang.

Ditambah kandungan beta karoten yang memiliki efek antioksidan kuat. Maka kombinasi ketiga nutrisi tersebut diketahui bisa mencegah kerusakan atau degenerasi makula yang terkait dengan pertambahan usia (age-related macular degeneration/AMD).

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Jus wortel kaya akan vitamin A dan vitamin C. Kedua jenis vitamin ini diketahui mampu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dengan memicu produksi antibodi dan sel-sel di dalam sistem imun.

3. Menjaga kesehatan jantung

Jus wortel merupakan sumber kalium dan mengandung sejumlah nutrisi yang memiliki sifat antioksidan. Kalium diketahui berperan dan pengaturan tekanan darah. 

Sedangkan sifat antioksidan diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol, yang berefek baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

4. Menjaga kesehatan kulit

Kalau kamu gemar minum jus wortel, jangan terkejut ya bila kulitmu akan tampak lebih segar, sehat, bahkan kenyal.

Soalnya, kandungan vitamin C serta beta karoten pada wortel bisa meningkatkan produksi kolagen, melindungi kulit dari kerusakan sinar UV dan radikal bebas.

5. Mengontrol kadar gula darah

Jus wortel memiliki indeks glikemik yang rendah. Asal tidak berlebihan, minum jus wortel tidak akan membuat gula darahmu naik drastis. Manfaat satu ini tentunya sangat baik, khususnya bagi penderita diabetes. Jika kamu menderita diabetes, kamu tidak dianjurkan mengonsumsi jus wortel lebih dari 118 ml per hari, ya.

6. Menurunkan risiko kanker

Manfaat jus wortel berikutnya adalah dipercaya bisa menurunkan risiko terjadinya kanker, seperti leukemia dan kanker usus besar. Manfaat ini dipercaya dari kandungan beta karoten yang menurut beberapa penelitian bisa membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker.

7. Mengurangi rambut rontok

Punya masalah dengan rambut rontok? Coba rutin minum jus wortel, deh. Soalnya, kandungan vitamin A dan C dalam jus wortel diketahui baik untuk kesehatan kulit kepala sehingga bisa mengurangi rambut rontok. Dengan begitu, rambutmu pun akan tampak lebih tebal, bersinar, dan kuat, lho.

8. Menjaga organ hati

Sejumlah penelitian pada hewan membuktikan bahwa karoten pada wortel memiliki efek antiperadangan yang dapat melindungi liver dari penyakit tertentu, misalnya perlemakan hati. Namun, manfaat ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia.

Banyak sekali ya manfaat jus wortel untuk kesehatan. Setelah mengetahui informasi di atas, mulai sekarang kamu bisa nih rutin minum jus wortel. Agar lebih sehat, sebaiknya buatlah jus ini sendiri di rumah. Sebelum membuatnya, pastikan wortel masih dalam keadaan segar, telah dicuci bersih, dan tidak ditambahkan gula, ya.

Namun, tetap ingat, jangan berlebihan, ya. Soalnya, terlalu banyak asupan vitamin A atau beta karoten justru bisa menyebabkan karotenemia yang dapat mengganggu kesehatan.

(Sumber: Alodokter)

Back to top button