Sekelompok masyarakat bersama petugas kebersihan masih terus melakukan pembersihan sampah.

Sampah Menumpuk, Kondisi Beberapa Wilayah di Kota Tangerang Memprihatinkan

Metrobanten, Sampah – Banjir yang telah surut menyisakan lumpur dan sampah umumnya sampah merupakan peralatan rumah tangga seperti kasur, sofa, dan sejenisnya. Sebanyak 130 ton sampah sisa banjir diangkut Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, kemarin (7/1).

Banjir yang merendam 119 titik di Kota Tangerang berdampak pada meningkatnya volume sampah. Total penambahan sampah akibat banjir mencapai 230 ton.

Pemerintah Kota Tangerang mengajak masyarakat berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan. Salah satunya dengan melaporkan tumpukan sampah agar dijemput oleh petugas.

Kabid kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, Buceu Gartina mengajak masyarakat melaporkan tumpukan sampah agar dijemput oleh petugas. Program Jemput sampah merupakan upaya Pemkot dalam meningkatkan pelayanan kebersihan.

“Masyarakat bisa menghubungi Call Center Jemput Sampah di 0811 1631 631saat jam operasional yakni pukul 08.00 sampai 15.30,” ujarnya.

“Harapan kami dengan program ini mengajak peran serta masyarakat dalam meningkatkan pelayanan pengangkutan sampah,” ucapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Engkos Zarkasyi mengatakan, program ini diharapkan bisa mengatasi masalah sampah yang tercecer atau terbuang secara ilegal.

Masyarakat cukup menghubungi petugas maka masalah sampah akan bisa ditangani. Ini pun upaya preventif yang dilakukan oleh DLH dalam menjaga kebersihan dan mewujudkan Kota Sehat.

“Intinya, kita ingin kota ini bersih. Masalah pembuangan sampah secara ilegal yang kerap ada karena warga enggan membuangnya ke tempat sampah maka sudah bisa kita atasi,” paparnya.

Menurut Yayat warga Ciledug banjir yang melanda saat ini sangat membawa dampak yang buruk baik dari kesehatan, lingkungan dan jalan raya.

“Kondisi saat ini sangat memperihatikan, karena seluruh masyarakat sangat perlu banyak bantuan dari Pemerintah untuk mempercepat melakukan pembersihan sampah yang tersisa di setiap lokasi banjir” ujar Yayat.  (arsa)

Check Also

Bantu perangi Covid 19, SMSI Siapkan Pusdiklat Untuk Penginapan Paramedis dan Tenaga Kesehatan

Post Views: 835 Metrobanten, Banten – Dalam rangka memerangi covid 19, Serikat Media Siber Indonesia ...

Metrobanten.co.id : Menyajikan Berita Terkini, Peristiwa, Gaya Hidup, Nasional, Internasional, Bisnis, Ekonomi, Wisata, Kuliner dan Liputan Khusus.