Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Sindang Heula di Kabupaten Serang Banten

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Sindang Heula di Kabupaten Serang Banten
Dalam kunjungan kerja ini, Presiden diagendakan untuk meresmikan sekaligus meninjau Bendungan Sindang Heula.

 

Metrobanten, Serang – Presiden Joko Widodo bertolak menuju Provinsi Banten dalam rangka kunjungan kerja pada Kamis siang, 4 Maret 2021.

Keberangkatan Kepala Negara bersama rombongan terbatas menggunakan helikopter Super Puma TNI AU dari helipad Monumen Nasional, Jakarta, sekira pukul 12.50 WIB menuju Lapangan Desa Boru, Kecamatan Curug, Kabupaten Serang, sebelum berlanjut dengan perjalanan darat.

Dalam kunjungan kerja ini, Presiden diagendakan untuk meresmikan sekaligus meninjau Bendungan Sindang Heula di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, yang pembangunannya dimulai pada tahun 2015 lalu.

Gubernur Banten Wahidin Halim mendampingi Presiden RI Joko Widodo untuk meresmikan Bendungan Sindang Heula, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang (Kamis, 4/3/2021).

Baca juga: Bupati Tangerang Dampingi 4 Menteri Negara Tanam Mangrove di Desa Tanjung Pasir

“Kami atas nama masyarakat Banten mengucakan terima kasih atas pembangunan Bendungan Sindang Heula,” ucap Gubernur.

Gubernur mengatakan, Bendungan Sindang Heula memberikan manfaat untuk mengendalikan banjir di wilayah Kabupaten Serang dan Kota Serang, untuk pengairan lahan pertanian wilayah Banten utara, serta bahan baku air minum dan air industri di wilayah Serang dan Cilegon.

Dalam kesempatan itu, Wahidin Halim menyampaikan perihal penanganan covid-19, bahwa sebagian besar wilayah Provinsi Banten sudah memasuki Zona Kuning.

Baca juga: Zona Kuning, Wali Kota Serang Tunggu Instruksi Gubernur Soal Sekolah Tatap Muka

“Semoga bulan depan Provinsi Banten sudah masuki Zona Hijau. Terima kasih atas kerja keras TNI, Polri, serta para Bupati dan Walikota,” pungkas Wahidin

Tambahan informasi, Bendungan Sindang Heula mampu menyediakan bahan baku air minum dan air industri dengan kapasitas 0,80 m3 per detik, untuk pengendalian banjir dengan mereduksi hingga 50 m3 per detik, tenaga pembangkit listrik 0,40 MW, serta sebagai lahan konservasi dan tujuan pariwisata.

Setelahnya, Presiden Joko Widodo juga direncanakan untuk meresmikan kampus baru Universitas Sultan Ageng Tirtayasa di Sindangsari, Kecamatan Pabuaran.

Keseluruhan rangkaian kunjungan kerja tersebut dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan baik kepada Kepala Negara beserta rombongan terbatas, maupun kepada tamu undangan yang hadir secara terbatas di masing-masing acara.

Turut serta bersama Presiden dalam keberangkatan menuju Provinsi Banten di antaranya ialah Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin. (red)

Check Also

Enam Juta Dosis Bahan Baku Vaksin Covid-19 Sinovac Tiba di Indonesia

Enam Juta Dosis Bahan Baku Vaksin Covid-19 Sinovac Tiba di Indonesia

  Metrobanten, Jakarta – Enam juta dosis bahan baku vaksin CoronaVac dari Sinovac kembali tiba ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup