Trending

Pilihan Sayuran untuk Dikonsumsi Mengatasi Asam Lambung

Sayuran baik untuk dikonsumsi penderita asam lambung karena di dalamnya terkandung serat yang tinggi.

Pilihan Sayuran untuk Dikonsumsi Mengatasi Asam Lambung

Metrobanten – Penyakit asam lambung adalah kondisi yang terjadi ketika asam dari lambung naik kembali ke kerongkongan. Meskipun kondisi tersebut umum terjadi, penyakit asam lambung bisa menyebabkan gejala yang mengganggu seperti sensasi panas di dada atau heartburn.

Salah satu penyebab asam lambung naik adalah karena katup kerongkongan bawah (LES) melemah atau rusak. LES biasanya menutup untuk mencegah makanan di perut naik kembali ke kerongkongan. Selain itu, makanan yang dikonsumsi bisa memengaruhi jumlah asam yang diproduksi dalam perut. 

Karena itu, memilih jenis makanan yang tepat adalah kunci untuk mengendalikan penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD), yaitu bentuk asam lambung yang lebih parah dan bersifat kronis.

Pilihan Sayuran untuk Asam Lambung

Sayuran baik untuk dikonsumsi penderita asam lambung karena di dalamnya terkandung serat yang tinggi. Serat diketahui dapat meningkatkan kesehatan saluran cerna dan meredakan gejala asam lambung naik. Berikut ini adalah pilihan sayuran untuk asam lambung:

1. Wortel

Saat asam lambung naik, Anda disarankan untuk mengonsumsi wortel. Sayuran ini tidak hanya tinggi serat, tetapi juga mengandung vitamin B6 yang diketahui mampu menetralkan asam lambung.

Selain itu, vitamin B6 dalam wortel juga dapat memberikan manfaat lain bagi kesehatan, seperti meningkatkan imunitas tubuh, menstabilkan suasana hati, hingga meredakan gejala PMS.

2. Kembang kol

Kembang kol juga menjadi salah satu pilihan sayuran untuk asam lambung. Manfaat kembang kol dalam mengatasi kenaikan asam lambung dapat diperoleh karena sayuran ini mengandung pH tinggi yang bersifat basa, sehingga dapat menetralkan asam.

Selain itu, kembang kol juga tinggi serat sehingga konsumsinya mampu menjaga kesehatan saluran cerna, mengurangi risiko gangguan pencernaan, dan meningkatkan bakteri baik di usus.

3. Selada

Selada mengandung banyak air, sehingga konsumsi selada bisa meredakan asam lambung naik. Selain selada, makanan lain yang juga tinggi air dan baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung adalah seledri, timun, apel, dan semangka.

4. Brokoli

Brokoli juga baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Pasalnya, kandungan kalium yang tinggi di dalamnya bisa menetralkan asam. Selain tinggi kandungan kalium, brokoli juga mengandung folat yang tinggi.

Nah, folat diketahui dapat meredakan peradangan yang timbul akibat produksi asam lambung berlebih, tapi bukti manfaatnya masih terbatas dan perlu diteliti lebih lanjut.

5. Bayam

Magnesium adalah salah satu mineral yang bisa menetralkan asam lambung yang naik ke kerongkongan. Bayam menjadi salah satu sayuran yang kaya akan kandungan ini, sehingga konsumsinya mampu mengatasi keluhan asam lambung naik.

Tak hanya itu, magnesium juga memiliki beragam manfaat lain, seperti mengatasi sembelit, menjaga kesehatan tulang, bahkan mengatasi sulit tidur.

Masih banyak jenis sayuran untuk asam lambung lain yang dapat Anda konsumsi, seperti asparagus, kentang, pok coy, kubis, dan kale. Namun, imbangi dengan konsumsi makanan bernutrisi lain agar Anda mendapatkan asupan gizi seimbang.

Apabila konsumsi sayuran untuk asam lambung sudah dilakukan tapi keluhan asam lambung naik masih sering kambuh atau gejalanya memburuk, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan perawatan yang tepat.

(Arsa)

Back to top button