Petugas BPBD Tangani Kebocoran Gas Pabrik Es di Koang Jaya

Petugas BPBD Tangani Kebocoran Gas Pabrik Es di Koang Jaya
Petugas BPBD Tangani Kebocoran Gas Pabrik Es di Koang Jaya.

Mertobanten – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang gerak cepat atas dugaan kebocoran gas amonia dari pabrik es di Koang Jaya, Karawaci, Kota Tangerang, Selasa (6/2/24).

Kepala BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi pukul 04.15 WIB. Dengan sigap, petugas langsung ke lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman api dan sterilisasi area dan berhasil ditangani hingga pukul 05.30 wib.

BACA JUGA: 41 Warga Koang Jaya Dilarikan ke Rumah Sakit Dampak Kebocoran Gas

“Sempat ada api, tapi memang tidak ada ledakan. Pasca api padam, petugas fokus dengan sterilisasi area dari kebocoran gas tersebut. Petugas lainnya pun fokus pada evakuasi pada warga terdampak,” jelas Maryono.

Kata Maryono, hingga saat ini petugas masih melakukan sterilisasi di area pabrik dengan metode spray. Terhitung, sekitar enam armada dan 30 personel BPBD Kota Tangerang telah dikerahkan.

BACA JUGA: Kenali Jenis dan Warna Surat Suara Pemilihan Umum 2024

“Metode pendinginan gas dengan kebakaran api pasti berbeda. Saat ini, yang dilakukan petugas yaitu penyemprotan yang berlangsung dari bawah ke atas, seperti air mancur,” jelasnya.

Lanjutnya, proses pendinginan masih akan terus dilakukan sambil berkoordinasi dengan pihak-pihak berwajib lainnya, hingga dinyatakan atau dipastikan dampak pada gas sudah dinyatakan bersih.

“Selanjutnya, jika sterilisasi pabrik sudah dipastikan benar-benar bersih, BPBD Kota Tangerang juga akan menyisir jalan-jalan dan pemukiman sekitar untuk melakukan sterilisasi yang serupa. Berupaya memastikan seluruh area bersih dari sebaran gas amonia,” tutup Maryono. (red)

Back to top button