NEWSTANGERANG RAYA

Pesta Retail Nasional : Sampoerna Tingkatkan Daya Saing UKM

Metrobanten, Kabupaten  – Memicu semangat produktivitas serta daya saing dan pengembang Usaha Kecil Menengah (UKM) PT. HM Sampoerna menggelar Pesta Retail Nasional (PRN) di gedung Indonesia Convetion Expo (ICE) BSD, Kabupaten Tangerang.

Kepala Urusan Komersial dan Pengembangan Bisnis Samapoerna, Henny Susanto mengatakan, acara yang di buka oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartanto ini menggusung tema “Ayo Maju, Ayo Bersama, Ayo Berbagi” tersebut menghadirkan 3.000 perwakilan retail tradisional mitra sampoerna yang tergabung dalam Sampoerna Retail Community (SRC).

“Ini kegiatan tahunan yang merupakan bentuk apresiasi dan wadah yang bertujuan memicu semangat produktivitas serta daya saing  pengembang usaha kecil,” katanya, Kamis (22/11/18).

Dikatakannya, selama lebih dari 10 tahun melalui payung program perusahaan ‘Sampoerna untuk Indonesia’ kami secara konsisten mendukung pemerintah dalam membangun dasar ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan UKM di Indonesia. Kami akan terus dampingi para retail tradisional yang tergabung dalam SRC.

“Perjalanan kedepan masih panjang, kami berharap sinergi dengan berbagai pemangku kepentingan terus berjalan. Sehingga Sampoerna dapat terus merangkul lebih banyak lagi retail tradisional untuk tumbuh dan maju bersama,” tutur Henny.

Lebih lanjut, Agung Pambudhi selaku Direktur Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Research Institute yang hadir dalam acara menjelaskan, retail tradisional masih memiliki ruang untuk terus bertumbuh, hingga kini retail tradisional masih menjadi tempat favorit untuk belanja karena faktor lokasi dan kemudahan mendapatkan barang kebutuhan sehari – hari.

Ditambahkan Agung, sebagai seorang retail tradisional kita harus membuka diri pada perkembangan teknologi agar bisa lebih memanfaatkan perkembangan sistem berbasis IT, sehingga dapat membantu kita menambahkan omset penghasilan.

Sementara Deputi Bidang Kordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya Saing Koperasi dàn Usaha Kecil dan Menengah Koordinator Perekonomian Republik Indonesia, Muhammad Rudy Salahuddin sangat mengapresiasi inisiatif Sampoerna dalam mendampingi toko retail tradisional menghadapi tantangan khususnya diera digitalisasi seperti sekarang ini, sinergi pemerintah dengan sektor swasta yang memiliki keahlian dalam dunia retail seperti Sampoerna merupakan inisiatif tepat sasaran.

“Sinergi swasta yang memiliki keahlian dalam dunia retail ini tepat sasaran,” pungkasnya.

Salah satu peserta dari Jawa Tengah yang ikut acara menuturkan, edukasi yang dilakukan Sampoerna kepada retailnya sangatlah tepat dan diharapkan para retail bisa semakin mengerti dengan penataan toko, srategi pemasaran dan manajemen keuangan.

“Acara ini sangatlah bermanfaat untuk pengetahun kami dibidang retail, jadi semakin bertambah pengetahuan saya tentang penjualan khususnya secara digitalisasi, saya sangat mendukung hadirnya applikasi “Ayo SRC”   yang nantinya akan membantu saya untuk mengakses informasi mengenai pembinaan UKM dari Sampoerna,” pungkasnya.    (Dli)

Back to top button