Peringati HKB: BPBD Kota Tangerang Gelar Simulasi Antisipasi Bencana

Peringati HKB: BPBD Kota Tangerang Gelar Simulasi Antisipasi Bencana
Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah memberikan arahan kepada para petugas agar bisa lakukan simulasi atau latihan sesering mungkin.

 

Metrobanten, Tangerang – Dalam peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang gelar simulasi penanggulangan bencana sebagai bentuk dari antisipasi bencana guna membiasakan petugas agar siap apabila terjadi bencana.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah didampingi Sekretaris Daerah kota Tangerang Herman Suwarman dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Deni Koeswara memberikan arahan kepada para petugas agar bisa lakukan simulasi atau latihan sesering mungkin.

“Lakukan simulasi ini sesering mungkin, pastikan petugas sudah menguasai hal – hal yang harus dilakukan ketika ada bencana, nantinya kemampuan yang kita punya bisa melatih masyarakat” ujar Arief, Senin (26/4/21).

“Misal tahap mengavakuasi korban kebakaran langkahnya seperti apa, seluruh pegawai BPBD harus menguasai langkah evakuasi, namanya bencana tidak ada yang bisa di prediksi kapan saja bisa terjadi ada bencana besar dan juga kecil, harus mempunyai kemampuan penuh,” tambahnya.

Baca juga: Presiden: Panjatkan Doa dan Harapan Terbaik Bagi 53 Patriot Penjaga Kedaulatan Negara

Wali Kota juga menjelaskan, kegiatan simulasi ini sebagai bentuk kesiapan kita dalam antisipasi bencana, salah satunya fisik, armada, perlengkapan dan lainnya. Fisik para petugas harus terus dilatih agar selalu fit.

“Dengan simulasi ini semoga kita dapat memberikan penanganan dengan baik kepada masyarakat. Jaga kekompakan kebersamaan dan kekeluargaan supaya sinergitas diantara kita saling melengkapi agar pelayanan semakin baik,” pesan Aruef.

Baca juga: Raffi Ahmad Kunjungi Kediaman Wali Kota Tangerang Bahas Kerjasama Klub Sepakbola

Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Deni Koeswara mengatakan, simulasi ini dimulai dari kesiapan ketika terjadi bencana gempa bumi, evakuasi korban serta kesiapan mobil pemadam kebakaran.

“Simulasi ini dilakukan bukan hanya karena memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB), akan tetapi sebagai upaya dalam meningkatkan kekuatan dan kemampuan para personil dalam menanggulangi bencana,” pungkasnya. (ADV)

Check Also

Indonesia Kirim Bantuan 200 Unit Oxygen Concentrators ke India

Indonesia Kirim Bantuan 200 Unit Oxygen Concentrators ke India

  Metrobanten, Jakarta – Pemerintah Republik Indonesia mengirim sejumlah bantuan untuk membantu penanganan Covid-19 di ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup