Penjual Hewan Kurban Mulai Marak Buka Lapak di Pandeglang

Penjual Hewan Kurban Mulai Marak Buka Lapak di Pandeglang
Pedagang hewan kurban di Pandeglang.

Metrobanten, Banten – Menjelang Hari Raya Idul Adha penjual hewan kurban mulai ramai menjajakkan dagangannya di sepanjang jalan protokol di Kabupaten Pandeglang. Salah satunya di Jalan Raya Serang-Pandeglang tepatnya di Kampung Cikondang, Kelurahan Pandeglang, Kecamatan Pandeglang.

Di tempat ini hewan kurban jenis domba ditawarkan dari harga paling murah Rp3,5 juta sampai yang termahal Rp7 juta per ekor tergantung ukuran, umur dan berat hewan kurban.

Baca juga: Waspada Antraks, Dinas Pertanian Kota Serang Periksa 1.375 Hewan Kurban

Herman (45), karyawan di lokasi penjualan hewan kurban ini menuturkan bahwa domba yang dijual di tempatnya semua sudah memenuhi syarat untuk dijadikan kurban. Selain itu, Domba yang dijual di lokasi ini berasal dari Garut sehingga kualitas dan kesehatannya sudah bisa dijamin.

“Ini dari Garut, semuanya sudah bisa dijadikan untuk kurban. Kalau kesehatan, nanti biasanya ada dari Dinas Pertanian dan Peternakan datang kesini untuk memastikan bahwa domba kami sehat,” katanya ditemui di lokasi, Sabtu (18/7/2020).

Baca juga: Pemkab Tangerang Pertimbangkan Penyembelihan Hewan Kurban Dengan Protokol Kesehatan Covid-19.

Kata dia, penjualan hewan kurban sudah ia lakoni sejak 3 tahun lalu. Dalam sehari dia mampu menjual 3 ekor, tapi jumlah itu bisa meningkat drastis apabila sudah mendekati Idul Adha.

“Kalau tahun-tahun lalu per hari minimal 3 ekor malah kalau udah mendekati idul adha bisa 15 ekor per-hari. Untuk Idul Adha tahun ini stoknya ada 58 ekor,” jelasnya.

Ia membeberkan, pelanggan yang biasa membeli hewan kurban ditempatnya bukan hanya berasal dari Kabupaten Pandeglang akan tetapi ada juga yang berasal dari Serang dan Cilegon.

“Kalau di tempat ini yang membeli ga langsung membawa Domba mereka, biasanya mereka beli terus disimpan dulu disini nanti pas mau dipotong baru kami antar ke tempat mereka. Ongkosnya gratis, memang ada juga sih yang suka ngasih sama saya alakadarnya tapi alhamdulillah saja,” ucapnya.

Herman juga memberikan sedikit tips bagi calon pembeli hewan kurban untuk memperhatikan beberapa hal agar hewan kurban yang mereka beli sesuai dengan yang diharapkan.

“Kalau kambing yang sehat dan cocok dijadikan hewan kurban itu tidak loyo, tidak keluar air mata dan makannya banyak,” sarannya. (red)

Check Also

Pembangunan zona integritas sangat ditentukan oleh kapasitas dan kualitas integritas masing-masing individu.

Kejari Kota Tangerang Canangkan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi

  Metrobanten, Tangerang – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tangerang berkomitmen mencanangkan pembangunan Zona Integritas menuju ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup