Pemkot Tangerang Gandeng USAID Meningkatkan Peran Masyarakat Dalam Pembangunan

Pemkot Tangerang Gandeng USAID Meningkatkan Peran Masyarakat Dalam Pembangunan
Workshop Tata Kelola Pemerintahan Kolaboratif tersebut dibuka secara resmi oleh Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah secara virtual pada, Rabu (10/3).

 

Metrobanten, Tangerang – Penyelenggaraan pemerintahan yang baik adalah pemerintahan yang melibatkan masyarakatnya secara langsung dalam berbagai aspek.

Berlandaskan asas tersebut Pemerintah Kota Tangerang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang bekerjasama dengan USAID Madani melakukan kerjasama dalam penguatan tata kelola pemerintahan kolaboratif dengan pelibatan organisasi masyarakat sipil (OMS) dalam membangun kota. 

Kegiatan yang dirangkum dalam workshop Tata Kelola Pemerintahan Kolaboratif tersebut dibuka secara resmi oleh Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah secara virtual pada, Rabu (10/3).

Baca juga: Nadiem: Setelah Vaksinasi COVID-19 Sekolah Dapat  Lakukan Pembelajaran Tatap Muka

“Dalam menjalankan roda pemerintahan kami tidak dapat bekerja sendiri, harus ada kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat,” sebut Wali Kota.

Upaya tersebut, tambah Wali Kota menjadi salah satu upaya optimalisasi peran organisasi masyarakat sipil dalam pembangunan kota.

Baca juga: Pemkab Tangerang Kaji Ulang Pembukaan Kegiatan Belajar Mengajar  Tatap Muka

“Beberapa diantaranya seperti keterlibatan masyarakat dalam pembentukan kampung tematik, kampung iklim serta berbagai kegiatan lainnya. Intinya kita harus memupuk semangat berbuat sehingga apa yang diinginkan bisa terwujud. Bukan hanya semangat berbicara tanpa aksi,”Jelas Arief.

Melengkapi, Kepala Bappeda Suggiharto Achmad Bagdja menyebutkan ia meyakini kegiatan ini bisa mengidentifikasi setiap permasalahan yang terjadi dalam penyelenggaraan program yang telah dibuat oleh Pemkot Tangerang.

“Saya yakin jika masyarakat terlibat secara langsung, mereka bisa mengidentifikasi setiap permasalahan dan merumuskan bersama solusinya,” pungkas Ugi. (red)

Check Also

Ada 16 Titik Penyekatan Jalur Mudik di Banten, Ini Lokasinya

Ada 16 Titik Penyekatan Jalur Mudik di Banten, Ini Lokasinya

  Metrobanten, Serang – Pemerintah secara resmi telah mengumumkan bahwa mudik Lebaran dilarang untuk Idul ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup