Pemkot Serang Siapkan 33 Faskes untuk Vaksinasi COVID-19 Bagi Lansia

Pemkot Serang Siapkan 33 Faskes untuk Vaksinasi COVID-19 Bagi Lansia
33 faskes yang tersebar di Kota Serang tersebut terdiri dari 16 Puskesmas, 9 Klinik dan 8 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

 

Metrobanten, Serang – Pemkot Serang melalui Dinas Kesehatan Kota Serang, Banten sudah menyiapkan 33 fasilitas kesehatan (faskes) untuk termin pertama penyuntikan vaksinasi COVID-19 pada kalangan lanjut usia (lansia) dari masyarakat umum yang di jadwalkan pekan ini.

“Ya, kita sudah siapkan fasilitas dan vaksinatornya. Ada 33 faskes yang sudah kita siapkan termasuk juga logistik vaksinya,” kata Kadinkes Kota Serang, M Ikbal usai menghadiri peresmian Gedung Juang 45 di Serang, Rabu.

Menurut dia, dari 33 faskes yang tersebar di Kota Serang tersebut terdiri dari 16 Puskesmas, 9 Klinik dan 8 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) baik itu milik swasta atau pun pemda setempat.

Baca juga: Komisi III DPR Apresiasi Kinerja Kejati Banten di Tengah Keterbatasan Anggaran

Kemudian, untuk segi tenaga vaksinatornya pihaknya sudah menyiapkan di masing-masing lokasi faskes yang sudah ditentukan.

“Kita sudah berkoordinasi juga dengan masing-masing kepala faskes untuk tenaga kesehatanya,” ujarnya.

Sementara itu teknis penyuntikan vaksinasi tersebut tidak jauh berbeda pada pelaksanaan pemberian vaksin tahap pertama yaitu dengan melakukan pengecekan kesehatan fisik terlebih dahulu, dengan tujuan untuk mengetahui apakah kondiainya memungkinkan atau tidak.

“Kalau untuk pendaftaran penerima vaksin, mereka ini (lansia) cukup hanya membawa KTP saja ke faskes-faskes terdekat. Dan kalau nanti ada yang tidak mempunyai KTP kan dilakukan verifikasi ulang,” ungkapnya.

Baca juga: WH: Banten Menuju Wilayah Pemerintahan yang Akuntabel, Bertanggung Jawab dan Bersih

Namun, untuk pelaksanaan vaksinasi pada lansia itu direncanakan akan dilaksanakan pada awal bulan Maret 2021. Dikarenakan saat ini pihaknya masih melakukan proses penyusunan data penerima vaksin.

Ia mengatakan sesuai arahan dari Pemprov Banten bahwa penerima vaksin COVID-19 pada termin pertama tersebut akan diprioritaskan bagi lansia dari kalangan umum dan pelayan publik di wilayah Kota Serang.

“Memang prosesnya kan susah, harus melakukan pendataan ulang kembali. Kalau jumlah vaksinya kita saat ini belum mengetahui, karena sekarang masih proses pengambilan ke labkes,” kata dia.

Seperti diketahui sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten memulai melaksanakan vaksinasi COVID-19 untuk lanjut usia (lansia) dari kalangan masyarakat umum pada Rabu (24/2) yang akan dimulai di wilayah Kota Serang.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, untuk termin pertama vakinasi COVID-19 untuk kalangan lansia akan dimulai dari wilayah Kota Serang sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat, bahwa vakinasi yang dimuali pada Februari 2021 ini harus dimulai dari ibukota Provinsi Banten. (red)

Check Also

Polda Metro Jaya  Tangkap Dua Pengedar 189 Gram Sabu di Kota Tangsel

Polda Metro Jaya Tangkap Dua Pengedar 189 Gram Sabu di Kota Tangsel

  Metrobanten, Jakarta – Polda Metro Jaya menangkap dua orang diduga pengedar narkotika berinisial R dan ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup