Pemkab Serang Update Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD)

Pemkab Serang Update Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD)
Pendampingan juga diharapkan dapat menghasilkan layanan informasi pemerintah daerah yang terhubung dan terintegrasi berbasis elektronik.

 

Metrobanten, Serang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) menggelar pendampingan dan update data Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) atau data pembangunan tahun 2021  agar data terintegrasi dengan Pemerintah Pusat. 

Inspektur Kabupaten Serang, Rahmat Jaya mengatakan, dilaksanakannya pendampingan dan update SIPD bertujuan untuk menyediakan informasi kepada masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah. 

Pendampingan juga diharapkan dapat menghasilkan layanan informasi pemerintah daerah yang terhubung dan terintegrasi berbasis elektronik.

“kita berharap dapat meningkatkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel efektif dan efisien,” ujar Rahmat Jaya dalam pada pembukaan pendampingan dan update data SIPD (data pembangunan) tahun 2021 di Greend Peak Hotel Bogor, Jawa Barat yang digelar Selasa sampai Rabu, 6-7 April 2021.

Baca juga: Provinsi Banten Memiliki Potensi Besar untuk Dikembangkan Menjadi Daerah Perikanan

Rahmat menjelaskan, di dalam SIPD tersebut terdiri dari informasi pembangunan daerah, informasi keuangan daerah, dan informasi penyelenggaraan pemerintah daerah lainnya. 

Pengelolaan data berbasis elektronik digunakan sebagai dasar dalam menyusun dokumen perencanaan pembangunan daerah, dan dokumen perangkat daerah berbasis elektronik. 

“Karena data tersebut merupakan data perencanaan pembangunan daerah berbasis elektronik,” katanya. 

Ia mengungkapkan, pengelolaan data juga harus memenuhi prinsip satu data indonesia berdasarkan Perpres 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia. 

Baca juga: Tingkatkan Keimanan Personel, Kapolda Banten Resmikan Masjid Al-Hidayah di Polres Cilegon

“Selanjutnya hasil pengendalian dan evaluasi diintegrasikan dalam aplikasi SIPD dan digunakan sebagai dasar penyelenggaraan pemerintah daerah,” ungkap Rahmat Jaya.

Dengan begitu, Rahmat berharap, peran serta aktif dari seluruh peserta pendampingan dan update data aplikasi SIPD, sehingga data pembangunan Kabupaten Serang dapat terupdate dan dapat disampaikan kepada Pemerintah Pusat.

”Untuk para kasubag program dan operator SIPD saat ini kita memang sedang dalam situasi dengan aktivitas yang padat, dimana saat ini setiap OPD sedang menyusun renstra, tetap semangat,” tuturnya.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Bappeda Rachmat Maulana, Kepala Diskominfosatik, Anas Dwi Satya Prasadya yang juga sebagai narasumber. Sedangkan narasumber dari Dirjen PEIPD Bangda Kemendagri melalui virtual.

Kepala Bidang (Kabid) Persandian dan Statistik pada Diskominfosatik Kabupaten Serang yang juga ketua panitia, Shinta Asfilian Harjani mengatakan, bahwa peserta pada kegiatan pendampingan dan update data SIPD adalah para kasubag program dan evaluasi sebagai pengelola data SIPD sebanyak 50 orang. 

“Para kasubag program tersebut dari berbagai OPD se Kabupaten Serang,” ujarnya. (red)

Check Also

Bupati Zaki Tinjau Vaksinasi di Kosambi dan ICE BSD Pagedangan

Bupati Zaki Tinjau Vaksinasi di Kosambi dan ICE BSD Pagedangan

  Metrobanten, Tangerang – Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar melakukan pemantauan dan monitoring penyuntikan vaksinasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup