Pandeglang Diguncang 2 Kali Gempa Selang 2 Menit, Tak Berpotensi Tsunami

Pandeglang Diguncang 2 Kali Gempa Selang 2 Menit, Tak Berpotensi Tsunami
Gempa pertama memiliki kekuatan M 5,0 terjadi pada pukul 10.48 WIB. Dua menit kemudian, pukul 10.50 WIB, gempa M 5,4 kembali mengguncang Banten.

 

Metrobanten, Pandeglang – Dua gempa kuat mengguncang wilayah Banten pada Minggu (23/5/2021).

Gempa pertama memiliki kekuatan M 5,0 terjadi pada pukul 10.48 WIB. Dua menit kemudian, pukul 10.50 WIB, gempa M 5,4 kembali mengguncang Banten.

Episenter gempa bumi pertama terletak pada koordinat 6,54 LS dan 105,47 BT.

Tepatnya berada di Selat Sunda, dengan jarak 17 kilometer arah Barat Laut Sumur, Pandeglang, Banten pada kedalaman 10 km.

Sementara lokasi gempa kedua berada di koordinat 6,54 LS dan 105.46 BT, tepatnya 18 kilometer barat laut Sumur, Banten dengan kedalaman 10 kilometer.

“Tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG dalam Twitter resminya, @infoBMKG, Minggu (23/5/2021).

Gempa pertama terjadi pukul 10.48 WIB. Titik koordinat ada di 6,54 Lintang Selatan dan 105,47 Bujur Timur.

Sementara itu, gempa kedua terjadi 2 menit berselang atau tepatnya sekitar pukul 10.50 WIB. Titik koordinat gempa ada di 6,54 Lintang Selatan-105,46 Bujur Timur.

BMKG Wanti-wanti Gempa Susulan

Dikutip dari Kompas.com, Pusat 2 gempa tersebut berada di sekitar Kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten. Belum diketahui ada-tidaknya korban dari peristiwa ini.

Baca juga: Pandeglang Diguncang 2 Kali Gempa M 5,0 dan M 5,4 Selang 2 Menit

BMKG mewanti-wanti masyarakat akan adanya gempa susulan. “Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi,” pernyataan BMKG.

Dampak gempa

Getaran gempa dirasakan di beberapa wilayah. Masyarakat yang tinggal di Kalapanunggal-Sukabumi, Labuan, Kecamatan Munjul, Rangkasbitung, Banjarsari, Cileles, Cirinten, dan Bayah merasakan gempa dalam skala intensitas II – III MMI.

Di mana getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan seakan-akan terasa ada truk yang berlalu.

Baca juga: Gempa Dengan Magnitudo 5,4 Terjadi di Barat Laut Wilayah Sumur, Pandeglang

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Hindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, atau pun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah. (red)

Check Also

Kisah Zhang Yiming Pendiri TikTok Miliki Harta Rp.878 Triliun

Kisah Zhang Yiming Pendiri TikTok Miliki Harta Rp.878 Triliun

Zhang Yiming Pendiri TikTok   Gaya Hidup – Pendiri TikTok, Zhang Yiming berhasil membuat TikTok menjadi sensasi ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup