Manfaat Mengonsumsi Kopi dan Efek Samping untuk Kesehatan

Manfaat Mengonsumsi Kopi dan Efek Samping untuk Kesehatan

Metrobanten – Bagi kalian pecinta kopi, tentu ingin mencari tahu seperti apa manfaat kopi untuk kesehatan dan juga ginjal. Apalagi, banyak yang beranggapan bahwa kopi memberikan efek tertentu pada ginjal.

Dalam jurnal Alodokter, para peneliti telah melihat manfaat minum kopi untuk kondisi seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, penyakit radang usus, dan penyakit hati.

Kopi mengandung sejumlah nutrisi bermanfaat, di antaranya riboflavin (vitamin B-2), niasin (vitamin B-3), magnesium, kalium, dan berbagai senyawa fenolik, atau antioksidan.

Beberapa ahli juga menyarankan bahwa kandungan dalam kopi dapat bermanfaat bagi tubuh manusia dengan berbagai cara.

Manfaat kopi hitam yang paling banyak dirasakan mungkin berupa efek stimulan, yaitu membuat tubuh terasa lebih berenergi untuk beraktivitas. Namun, tidak sedikit orang yang mengeluh jantungnya berdebar atau sulit tidur setelah minum kopi hitam. Pada sebagian orang, kopi hitam juga bisa menimbulkan sakit perut dan heartburn.

Manfaat Kopi Hitam

Telah banyak penelitian dilakukan untuk mengetahui manfaat kopi hitam bagi kesehatan. Berikut ini adalah beragam manfaat kopi hitam:

1. Mencegah depresi

Suatu penelitian menemukan bahwa kandungan kafein dalam kopi hitam bermanfaat untuk mencegah risiko terjadinya depresi. Selain itu, konsumsi kopi hitam secara rutin juga dapat mengurangi risiko melakukan bunuh diri akibat depresi.

2. Meningkatkan daya ingat

Selain membuat Anda lebih siaga, kafein di dalam kopi juga dapat meningkatkan daya ingat. Penelitian menyatakan bahwa kafein bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat memori jangka pendek maupun jangka panjang.

3. Mencegah pikun

Mengonsumsi kopi hitam juga mampu menurunkan risiko terjadinya pikun. Selain itu, konsumsi kopi hitam juga diyakini dapat menurunkan risiko terkena penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Hal ini didukung oleh hasil penelitian yang mengungkap manfaat kopi hitam dalam memperlambat proses penurunan fungsi otak akibat penuaan. Namun, manfaat kopi hitam ini masih perlu diteliti lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya.

4. Menurunkan berat badan

Kafein yang terkandung di kopi hitam dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membantu proses pembakaran lemak, terutama jika dibarengi dengan olahraga.

Selain dengan meningkatkan pembakaran lemak, kopi hitam juga dapat membantu proses penurunan berat badan dengan mengurangi nafsu makan.

5. Mencegah diabetes tipe 2

Manfaat kopi hitam lainnya adalah mengurangi risiko terkena diabetes. Kandungan polifenol yang berperan sebagai antioksidan serta mineral lain dalam kopi dapat mencegah penyakit degeneratif, salah satunya adalah diabetes tipe 2.

Selain itu, kandungan kafein dalam kopi juga dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Hal ini dapat membantu menjaga kadar gula darah.

6. Mencegah penyakit jantung

Tak hanya diabetes, kopi hitam juga bisa menurunkan risiko terjadinya gagal jantung dan stroke. Selain karena kaya akan antioksidan, penurunan risiko munculnya kedua penyakit ini juga berhubungan dengan kandungan asam klorogenat yang terdapat di dalam kafein.

7. Menjaga kesehatan hati

Kopi hitam juga dipercaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati, termasuk menurunkan risiko terbentuknya jaringan parut dan kanker hati pada penderita gangguan hati. Manfaat kopi hitam ini diyakini berkat kandungan antioksidan di dalamya.

Efek Samping Kopi Hitam

Jika dikonsumsi dalam batas wajar, kopi hitam memang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Sayangnya, konsumsi kopi hitam secara berlebihan justru dapat menimbulkan beragam efek samping.

Berikut adalah beberapa efek samping yang bisa timbul akibat mengonsumsi kopi hitam secara berlebihan:

1. Sulit tidur

Terlalu banyak minum kopi hitam dapat menyebabkan sulit tidur. Kurangnya waktu tidur akan membuat Anda mengantuk di siang hari dan menurunkan produktivitas.

Oleh karena itu, batasi asupan kopi hitam dan usahakan untuk tidak meminumnya 6 jam sebelum waktu tidur, agar tidak mengganggu waktu istirahat Anda.

2. Gelisah

Rasa gelisah atau cemas juga bisa muncul ketika Anda mengonsumsi kopi hitam secara berlebih. Tujuan awal mengonsumsi kopi hitam adalah karena efek stimulannya. Namun, jika dikonsumsi secara berlebih, kopi hitam justru akan menyebabkan kegelisahan dan kecemasan.

3. Sakit perut

Kopi hitam dipercaya dapat meningkatkan produksi asam lambung. Jika dikonsumsi secara berlebih, kopi hitam dapat memperburuk kondisi penyakit asam lambung (GERD).

Terlalu banyak minum kopi hitam juga dapat menyebabkan sakit perut dan nyeri ulu hati, serta mempercepat kontraksi usus yang mengakibatkan diare.

3. Jantung berdebar

Efek samping lain yang bisa muncul akibat terlalu banyak mengonsumsi kopi hitam adalah jantung berdebar. Kafein dalam kopi hitam akan merangsang jantung berdetak lebih cepat. Oleh karena itu, konsumsilah kopi dalam jumlah sewajarnya.

4. Sering buang air kecil

Kopi hitam adalah minuman yang bersifat diuretik. Ini berarti kopi hitam dapat meningkatkan produksi urine, sehingga membuat Anda sering buang air kecil. Kondisi ini dapat memicu kekurangan vitamin dan mineral, bahkan memengaruhi kesehatan tulang.

Batas aman konsumsi kopi untuk pria dan wanita dewasa adalah 4 cangkir per hari, dengan kandungan kafein sekitar 400 mg. Sementara untuk wanita hamil, batas konsumsi kopi yang aman adalah tidak lebih dari 2 cangkir per hari, dengan kandungan kafein tidak melebihi 200 mg.

Untuk mendapatkan manfaat kopi hitam dan menghindari efek sampingnya, Anda disarankan untuk mengonsumsi kopi dalam batas wajar.

Namun, jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, misalnya denyut jantung tidak teratur atau tekanan darah tinggi, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter untuk mengetahui batas aman konsumsi kopi yang sesuai.

(Sumber: Alodokter)

Back to top button