Lokasi Penyekatan Jalur Pemudik di Banten

Lokasi Penyekatan Jalur Pemudik di Banten
Penyekatan dilakukan untuk menindak para pemudik dan memaksa mereka putar arah.

 

Metrobanten, Serang – Menindaklanjuti larangan mudik oleh pemerintah pusat pada 6-17 Mei 2021, beberapa daerah di Banten akan menerapkan penyekatan dan dibentuk check point.

Penyekatan dilakukan untuk menindak para pemudik dan memaksa mereka putar arah.

Dibentuknya penyekatan ini disepakati berdasarkan rapat koordinasi antara Polda Banten, Dinas Perhubungan, BPTD Banten, ASDP Merak, dan pengelola Tol Tangerang-Merak.

“Konsepnya adalah check point, intinya melakukan penyekatan dan lokasinya antar daerah,” kata Kadishub Banten Tri Nurtopo kepada wartawan di Serang, Banten, Selasa (6/4/2021).

Baca juga: Larangan Mudik Lebaran, DPRD: Bagus Cegah Penularan Covid-19 Meningkat

Dirlantas Polda Banten Kombes Rudy Purnomo menambahkan, bahwa check point dan penyekatan ini diberlakukan seperti pada larangan mudik tahun lalu. Penyekatan dan pengalihan arus akan dilakukan baik di tol maupun di jalur arteri.

“Intinya kita sudah siap, mulai Senin besok kita mulai operasi keselamatan dan dilanjutkan dengan operasi ketupat,” ujar Rudy.

Kabag Binopsnal Ditlantas Polda Banten Kompol Kamarul Wahyudi menjelaskan penyekatan sekaligus check point dimulai dari wilayah tol Cikupa sampai ke exit tol Merak dan jalur arteri.

“Jadi kita mengembalikan masyarakat mudik dari arah Jakarta maupun dia yang lolos dari Lampung,” ujarnya.

Baca juga: Pemprov Banten Perpanjang PPKM Mikro, Gubernur Perketat Kriteria

Sedangkan di jalur arteri di Cilegon penyekatan dilakukan di Pelabuhan Merak dan Cikuasa Bawah. Penyekatan di Cikuasa Bawah memantau kendaraan roda dua ke arah Merak.

Lokasi lain yaitu Simpang Pusri untuk titik penyekatan di Kota Serang, di Cikande untuk di Kabupaten Serang. Lalu ada di Tangerang di jalur arteri Citra Raya, Jasinga dan Cilograng di Kabupaten Lebak, pertigaan Mengger untuk penyekatan Pandeglang, dan Pelabuhan Barang di Bojonegara.

“Mereka (pengendara) kita periksa, mau mudik atau tidak di cek point yang saya sampaikan,” kata Kamarul.

Polisi mengantisipasi modus adanya pemudik yang menggunakan kendaraan barang. Makanya, salah satu penyekatan dilakukan di Pelabuhan Bojonera untuk antisipasi penyelundupan pemudik di truk.

“Karena tidak ada larangan mobil barang, nanti naik truk sayur. Kita periksa juga, kita balikkan juga,” ucap Kamarul. (red)

Check Also

Bupati Zaki Tinjau Vaksinasi di Kosambi dan ICE BSD Pagedangan

Bupati Zaki Tinjau Vaksinasi di Kosambi dan ICE BSD Pagedangan

  Metrobanten, Tangerang – Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar melakukan pemantauan dan monitoring penyuntikan vaksinasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup