KPU Pandeglang Lakukan Tes Kesehatan Bapaslon Pilkada

KPU Pandeglang Lakukan Tes Kesehatan Bapaslon Pilkada
KPU Pandeglang didampingi Bawaslu Pandeglang sedang melakukan pengecekan syarat Bapaslon saat mendaftar ke KPU Pandeglang.

 

Metrobanten, Pandeglang – KPU Pandeglang menjalani pemeriksaan kesehatan Bapaslon yang dimulai Selasa (8/9) ini hingga Rabu (9/9).

KPU juga menjadwalkan verifikasi dokumen syarat bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Pandeglang pada tanggal 6-12 September 2020 mendatang,

Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Sujai mengatakan, semenjak dibukanya pendaftaran dari tanggal 4 September hingga ditutup 6 September 2020 sekitar pukul 24.00 WIB, yang mendaftar pencalonan Bupati dan Wabup Pandeglang pada Pilkada 2020 ini, hanya ada dua Bapaslon.

Baca juga: Bupati Iti Octavia Jayabaya Ajak Warganya Gunakan Aplikasi Orbit Ojek Rangkasbitung

“Sesuai ketentuan yang berlaku, semalam pada 24.00 WIB kami sudah menutup pendaftarannya. Jadi yang mendaftar pada Pilkada 2020 ini hanya ada dua Bapaslon saja, yakni Irna Narulita – Tanto Warsono Arban dan Thoni Fathoni Mukson – Miftahul Tamamy,” kata Sujai, Senin (7/9).

Tahapan selanjutnya kata Sujai, yaitu melakukan verifikasi dokumen masing-masing Bapaslon. Serta menjadwalkan pengecekan kesehatan masing-masing Bapaslon dari tanggal 8-9 September 2020.

Baca juga: Cek Penerapan Protokol Kesehatan di Asrama Polri, Kapolres: Kesehatan Dimulai dari Lingkungan Sendiri

“Verifikasi dokumen terus berlanjut, tapi selain itu besok (hari ini) kami sudah memulai bakal melakukan pemeriksaan atau tes kesehatan para Bapaslon. Kalau tidak ada halangan, kami sudah jadwalkan dari 8-9 September 2020,” ungkapnya.

Hal itu menurutnya, sudah dirapatkan dengan para tim kesehatan. Begitu juga kaitan lokasi pemeriksaan kesehatan, sudah ditetapkan olehnya bakal dilakukan di RSUD Berkah Pandeglang.

“Berdasarkan hasil koordinasi dengan IDI (Ikatan Dokter Indonesia) wilayah Banten, kami sudah menetapkan rumah sakit untuk melakukan tes kesehatan terhadap dua Bapaslon di RSUD Berkah Pandeglang,” jelasnya.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Pandeglang, Ahmadi menambahkan, pihaknya sudah mulai memverifikasi dokumen syarat Bapaslon. Karena kata dia, sesuai tahapan yang dijadwalkan itu dilakukan dari tanggal 6-12 September 2020 mendatang.

“Nanti semua dokumen syarat pencalonan jika selesai dilakukan verifikasi dari 6-12 September 2020, kami bakal umumkan hasilnya itu pada 13-14 September 2020 mendatang,” jelasnya.

Jika masih ada kekurangan dokumen syarat yang sudah menjadi ketentuan kata Ahmadi, pihaknya juga memberikan kesempatan penyerahan perbaikan dokumen terhitung dari 14-16 September 2020 mendatang.

“Nanti kami umumkan lagi hasil perbaikan dokumen syarat pencalonan itu terhitung dari 16-22 September mendatang,” ujarnya.

Adapun penetapan Bapaslon menjadi calon kata dia, sesuai ketentuan bakal dilakukan pada 23 September 2020 mendatang.

“Kalau sudah ditetapkan sebagai calon, kami bakal langsung melakukan pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon pada 24 September 2020 mendatang,” pungkasnya. (red/sn)

Check Also

Komisi IX DPR Soroti Akurasi Pengelolaan Data PBI-JKN BPJS Kesehatan

Komisi IX DPR Soroti Akurasi Pengelolaan Data PBI-JKN BPJS Kesehatan

  MetroBanten, DPR – Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene menyoroti akurasi pengelolaan ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup