Ketua Umum Pb Esports Resmi Lantik Jajaran Pengurus Periode 2020-2024

Metrobanten, Jakarta –  Indonesia secara resmi memiliki Pengurus Besar (PB) Esports yang akan menjadi wadah bagi asosiasi serta atlet demi meningkatkan prestasi olahraga elektronik itu di kancah internasional.

Ketua Umum PB Esport Indonesia, Budi Gunawan mengatakan, pembentukan pengurus ini merupakan langkah awal untuk membangun esports ke arah yang lebih positif.

Jajaran Pengurus Periode 2020-2024

“Pelantikan ini merupakan momentum untuk membangun esports ke arah yang lebih positif dan diharapkan mampu untuk membawa kemajuan bangsa di berbagai sektor,” ujar Budi dalam sambutannya saat pelantikan PB Esports Indonesia di Jakarta, Sabtu (18/1/2020).

Budi yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu mengatakan pihaknya akan segera membuat regulasi yang mengatur esports agar lebih jelas dan terarah sehingga bisa lebih banyak menorehkan prestasi di level internasional.

“PB Esports harus mampu menghadapi tantangan dan kendala, dan kita punya PR yang harus diselesaikan, salah satunya Pembangunan esports training center yang berstandar internasional,” katanya menambahkan.

Wakil Ketua Dewan Pendiri Badan Pengurus Besar (PB) eSports Indonesia, Bambang Sunarwibowo mengungkapkan bahwa dibentuknya PB Esport untuk kembali menyatukan kegiatan esports yang terpisah-pisah. Dia juga berharap bahwa PB Esport nantinya diakomodir KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia).

“Ini (PB Esport) baru saja didirikan. Kita harapkan yang menentukan PB Esport ini kan pihak KONI. Jadi, nanti kita harapkan KONI dan Kemenpora bisa mengakomodir ini sehingga kita harapkan bisa regulasi dan permainannya turnamennya diatur sedemikian rupa dari strukturnya dan ini sehingga kita harapkan betul-betul kuat untuk mendapatkan atlet esport yang berkualitas di kancah dunia internasional,” kata Bambang usai Press Conference SEACA 2019 di Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Dia juga berharap bahwa pembentukan PB Esports diharapkan rampung pada akhir tahun, menurut Bambang kepengurusan juga belum terbentuk secara utuh.

“Kita harapkan akan ada event-event yang akan diselenggarakan di beberapa provinsi  kemudian kita satukan di bulan Januari paling lambat Februari,” ungkap Bambang.

Pada SEA Games 2019 di Filipina, ketika esports untuk pertama kalinya menjadi salah satu cabang resmi yang dipertandingkan, Kontingen Indonesia sukses menyumbangkan dua medali perak.

Mereka berharap prestasi itu dapat terus ditingkatkan pada kejuaraan lain terutama Asian Games 2022 dan Olimpiade 2024, di mana cabang esports dipastikan akan dipertandingkan.

Hadir juga dalam pelantikan tersebut Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua KONI Pusat Marciano Norman, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Dewan Pembina Esports Sandiaga Uno, serta perwakilan dari 23 tim Esports Indonesia.

(Suntingan: Red. Bbs, Net)

Check Also

Polri Pastikan Beredarnya Video Rusuh Demo Tanggal 24 Juli itu Hoaks

Polri Pastikan Beredarnya Video Rusuh Demo Tanggal 24 Juli itu Hoaks

  Metrobanten, Jakarta – Beredar video aksi unjuk rasa yang berujung kerusuhan dengan menarasikan bahwa ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup