KESEHATANNEWS

Ketahui Manisnya Manfaat Madu untuk Kecantikan

Ketahui Manisnya Manfaat Madu untuk Kecantikan
Ketahui Manisnya Manfaat Madu untuk Kecantikan.

 

MetroBanten – Madu sering dikonsumsi beserta makanan lainnya. Biasanya sering menjadi bahan pemanis untuk berbagai makanan, mulai dari kue, roti, pancake, jus, teh, jamu, dan lainnya. Rasanya yang manis dan kental memang sangat enak dijadikan bahan pemanis pada makanan.

Walaupun sering digunakan sebagai pemanis, madu sendiri juga bisa langsung dikonsumsi tanpa tambahan apa pun. Nutrisi yang ada pada madu pun tetap bisa didapatkan.

Selain diolah atau dicampur ke dalam makanan atau minuman, madu juga digunakan sebagai bahan untuk produk perawatan kulit, seperti losion, pelembap bibir, hingga masker wajah.

Beragam Manfaat Madu untuk Kecantikan

Ada beragam manfaat madu untuk kecantikan yang dapat diperoleh, antara lain:

1. Memudarkan bekas jerawat

Madu dipercaya dapat digunakan untuk memudarkan bekas jerawat. Untuk mendapatkan manfaat madu ini, Anda bisa membuat masker wajah dari madu dan mengoleskannya di area wajah yang terdapat bekas luka jerawat.

Namun, studi lebih lanjut masih diperlukan terkait manfaat madu untuk memudarkan bekas jerawat.

2. Mencerahkan kulit

Madu juga dapat digunakan untuk menghilangkan sel kulit mati penyebab kulit kusam. Dengan demikian, kulit wajah pun bisa tampak lebih cerah.

Guna mendapatkan manfaat madu tersebut, Anda dapat membasuh wajah dengan sabun cuci muka dan air terlebih dahulu. Selanjutnya, oleskan madu ke wajah dan diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

3. Mencegah peradangan pada kulit wajah

Sifat antibakteri dan antiradang di dalam madu dipercaya dapat mencegah dan mengatasi peradangan pada kulit wajah, baik yang disebabkan oleh jerawat maupun  masalah kulit lain, seperti dermatitis.

4. Menjaga kelembapan kulit

Selain itu, madu juga mampu menjaga kelembapan kulit, sehingga kulit tidak mudah kering dan terhindar dari berbagai masalah yang disebabkan kulit kering.

5. Menghilangkan bulu halus

Campuran madu dan perasan lemon kerap digunakan untuk metode waxing guna menghilangkan bulu halus di wajah, terutama di sekitar mulut. Jika ingin melakukan waxing sediri di rumah, sebaiknya Anda mengerti dan memahami caranya agar tidak menimbulkan efek yang merugikan.

6. Menjaga kelembapan rambut

Madu kaya akan vitamin, asam amino, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan rambut. Manfaat madu untuk kecantikan rambut ini dapat diperoleh dengan menggunakannya sebagai masker rambut maupun kondisioner setelah keramas.

Manfaat madu untuk kecantikan di atas dapat Anda peroleh secara maksimal jika disertai dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, berolahraga secara rutin, mencukupi waktu istirahat, dan tidak merokok.

Madu umumnya aman untuk digunakan, tetapi sebagian orang bisa mengalami reaksi alergi, seperti ruam, gatal-gatal, sesak napas, hingga syok anafilaktik yang dapat berakibat fatal.

Bila Anda mengalami reaksi alergi di atas, periksakanlah ke dokter untuk mendapatkan penanganan. Jadi, meski madu merupakan bahan alami dan manfaat madu untuk kecantikan sangat beragam, Anda tetap perlu berhati-hati saat menggunakannya.

(Arsa)

Back to top button