TANGERANG RAYA

Kampung Bekelir Jadi Destinasi Wisata Baru Kota Tangerang

Metrobanten – Kampung Bekelir yang berlokasi di kelurahan Babakan ini tadinya berstatus kampung kumuh karena penampilannya yang sangat tidak enak dipandang mata dan tidak sehat untuk warga, maka muncul keinginan untuk membenahi kampung ini.

Aksi para kreator muda seniman mural merubah semua itu, kampung kumuh itu saat ini telah tertata rapih dan membanggakan hingga Pemerintah Kota Tangerang menjadikan Kampung Bekelir menjadi salah satu wilayah wisata.

Bermacam mural yang berjumlah 1121 dengan beragam warna, tema, dan bentuk. Sebagian mural yang ada di Kampung Bekelir bertemakan nilai-nilai budaya lokal, ikon kota Tangerang, dan kehidupan warga kampung.

“Gambaran kampung kumuh sedang sendiri yang dimaksud adalah Kampung Babakan ini tadinya cukup berantakan, sebagain rumah warganya kotor, bangunannya sudah rusak-rusak, dan tak terawat. Setelah berbicara dengan warga dan pemerintah kota, akhirnya muncul ide untuk memperbarui wajah Kampung Babakan agar lebih fresh,” kata Lurah Babakan Abu Sofyan saat ditemui, Kamis (16/11/2017).

“Pemukiman yang terdiri dari 300 rumah dicat berwarna-warni. Dinding-dinding dan jalan digambar mural-mural. Jadi orang bisa masuk di Kampung Berkelir untuk jalan-jalan menikmati mural sambil berfoto” sambungnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang, Rina Hernaningsih mengatakan, keberadaan Kampung Bekelir kini juga ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara. Program Kampung Bekelir tersebut dinilai bisa menjadi ikon wisata di Kota Tangerang.

“Makanya, kita akan selaraskan. Nantinya dalam program Kampung Bekelir juga ada Car Free Day, Culinary Day dan berbagai jenis hiburan lainnya. Kami akan dukung sepenuhnya dan resmikan secepatnya,” terang, Rina Hernaningsih. (ades)

Back to top button