Kampung Airport, Angkasa Pura II Bangun Rumah Layak Huni di Kawasan Teluknaga

Kampung Airport, Angkasa Pura II Bangun Rumah Layak Huni di Kawasan Teluknaga
AP II Bandara Soetta, juga membedah 10 rumah warga yang tak layak huni.

 

Metrobanten, Tangerang – PT. Angkasa Pura II melalui program CSR nya melakukan pembangunan Kampung Airport yang berdampingan dengan Bandara Soekarno Hatta, tepatnya di Kampung Rawalini, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Selasa (30/3/21).

Saat memasuki perkampungan tersebut, suasana kampung dibuat warna warni. Lalu, beberapa tempat atau lahan yang semula kumuh, rawa, atau tanah tidur, dibuat produktif yang manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

Ada yang dibuat kebun toga alias untuk tanaman obat, lalu juga dibuat bale dari bambu untuk ‘English Club’, ada hydroponik untuk menanam berbagai macam sayuran dan buah.

Baca juga: Bupati Lebak Tandatangani SK Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah

Lalu, ada rumah yang dijadikan tempat kursus komputer yang dikhususkan untuk warga setempat, hingga pemberdayaan maggot, untuk berbagai makan ternak.

“Jadi kami ingin menjadikan perkampungan di dekat kawasan bandara ini adalah kampung yang mandiri, terlebih di tengah pandemi COVID-19, kami inginnya juga berketahanan pangan,” ungkap EGM Bandara Soekarno Hatta, Agus Haryadi.

Bukan hanya menjadikan kampung produktif, di lokasi yang sama, AP II Bandara Soetta, juga membedah 10 rumah warga yang tak layak huni. Satu rumah, Agus mengatakan, AP II menggelontorkan Rp 78 juta.

Baca juga: Diresmikan Jokowi, Airin Berharap Adanya Tol Serpong-Pamulang Dapat Tingkatkan Perekonomian Tangsel

“Iya, ada 10 rumah, masing-masing rumah itu menghabiskan Rp 78 juta, program bedah rumah ini bukan kali ini saja, melainkan akan dilakukan secara bergilir dengan rumah-rumah tak layak huni lain di sekitar Bandara Soekarno Hatta,” katanya.

Sementara itu, Kepala BAPPEDA Kab. Tangerang Taufik Emil yang hadir mewakili Bupati Tangerang mengatakan, Bidang Perekonomian BAPPEDA mengusung konsep pemberdayaan masyarakat dalam konsep Kampung Tematik sebanyak 48 lokasi.

Kampung Tematik ini merupakan kolaborasi antara Pemkab Tangerang, Corporate Social Responsibility (CSR), Lembaga Penelitian dan Pengabdian, Kementerian Pusat, Masyarakat (LPPM) Perguruan Tinggi, Alokasi Dana Desa, dan yang terutama adalah Swadaya Masyarakat.

“Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi atas langkah yang dilakukan oleh Pihak Angkasa Pura II yang sudah memberikan CSR nya berupa pembangunan kampung tematik (Kampung Airport),” ujarnya.

Pemerintah Kab. Tangerang mengucapkan terima kasih kepada Angkasa Pura atas bantuannya, AP II sebagai salah satu BUMN yang selalu konsisten dari tahun ke tahun memberikan bantuan untuk masyarakat Kab. Tangerang yang berada di sekitar Bandara Soekarno Hatta, maka kami sampaikan banyak terima kasih kepada PT. Angkasa Pura II atas Bantuan Rumah Layak Huni melalui Program Bina Lingkungan PT. Angkasa Pura II, yang selaras dengan program Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam mengurangi rumah tidak layak huni (RTLH) di Kabupaten Tangerang. (red)

Check Also

Bupati Zaki Tinjau Vaksinasi di Kosambi dan ICE BSD Pagedangan

Bupati Zaki Tinjau Vaksinasi di Kosambi dan ICE BSD Pagedangan

  Metrobanten, Tangerang – Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar melakukan pemantauan dan monitoring penyuntikan vaksinasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup