Kakorlantas Polri Irjen Istiono

Kakorlantas Tigkatkan Pemantauan dan Pengamanan Puncak Arus Mudik Akhir Tahun 24-30 Desember 2019-2020

Metrobanten, Mudik – Pada H+1 2020 jumlah penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten meningkat hingga 13,81 persen bila dibandingkan dengan periode sama tahun 2019.

Menurut Dewandono Prasetyo Nugroho, Branch Communication Manager Kantor Cabang Utama Bandara Soetta, jumlah penumpang pada H+1, Selasa (27/6) mencapai 178.134 orang, naik dari 156.524 pada tahun 2016 lalu.

Kepadatan di jalur Tol

Lebih lanjut beliau ,mengatakan bahwa jumlah kedatangan penumpang domestik mencapai 66.329 orang, sementara itu jumlah kedatangan penumpang internasional adalah 16.708 orang. Sedangkan keberangkatan penumpang tujuan domestik tercatat mencapai 74.160 orang dan keberangkatan untuk tujuan ke luar negeri mencapai 20.937 orang.

Kakorlantas Polri Irjen Istiono memprediksi puncak arus mudik saat akhir tahun akan terjadi pada 24 – 25 hingga 30 Desember, puncak arus mudik untuk perayaan tahun baru 2020 terjadi pada 28-29 Desember 2019.

Bandara Soekarno Hatta

Istiono mengatakan pihaknya akan melaksanakan gelar pasukan pada 20 Desember 2019. Pihaknya akan menempatkan personel di titik-titik yang sudah ditentukan. Rencananya, pihaknya akan menyiapkan kurang-lebih 160.000 personel.

“Oleh karena itu, gelar pasukan yang akan kita laksanakan sejak tanggal 20 ini kemungkinan langsung kita langsung ke lapangan untuk siaga. Pasukan sudah harus masuk di titik-titik yang sudah kita tentukan di pelayanan publik. Semua jalur pengamanan di jalur kita, di semua lini kita akan lakukan,” tuturnya.

Istiono mengatakan, pada Natal dan tahun baru kali ini, ada sejumlah titik konsentrasi. Titik konsentrasi itu di daerah jalur tol, non-tol, area wisata, area ekonomi, tempat ibadah, pelabuhan, hingga bandara.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan puncak arus mudik natal dan tahun baru 2020 akan berlangsung pada 20-24 Desember 2019. Sementara puncak arus balik diperkirakan mulai pada 29-31 Desember 2019.

Oleh sebab itu, Kementerian Perhubungan akan melakukan pemantauan mulai 19 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020.

“Kita prediksi jumlah kendaraan darat naik 4-5 persen, melalui udara mungkin turun sedikit. Sementara beberapa daerah yang harus diperhatikan, pertama adalah Tol Cipali karena kemungkinan rawan kecelakaan dan kekurangan rest area, lalu Tol Trans Sumatera,” katanya di keterangan resmi, Jakarta, Minggu (8/12/2019).

Arus balik libur Natal dan Tahun Baru terjadi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Para pengguna jasa mulai memadati terminal kedatangan.

Berdasarkan data Posko Natal dan Tahun Baru di Bandara Soetta, jumlah penumpang yang berangkat dari terminal 1, 2 dan 3 serta extra time total mencapai 75.907 penumpang. Sedangkan total yang datang 51.105 penumpang.

Hingga nanti diperkiran gelombang kedatangan penumpang akan terus berdatangan seiring berakhirnya musim liburan sekolah. Tampak terlihat antrean yang padat di pintu masuk keberangkatan terminal 1B.

epadatan di terminal kedatangan ini di dominasi para turis lokal yang telah habis berlibur keluar kota dan keluar negeri.

“Saya akan pulang kampung, lumayan mengisi liburan panjang di sana,” ujar Andara yang berangkat ke Bali mengaku bersama keluarganya, di Bandara Soetta, Minggu (5/1/2014).

Sedangkan penumpang lainnya, Irene Artha mengatakan, dirinya baru tiba Kalimantan. “Saya pulang hari ini karena lihat harga tiket juga masih mahal. Sekarang sudah dipaksa beli tiket untuk keperluan bertemu keluarga di Tangerang” katanya.

Kawasan wisata Anyer dan pasar tradisional di wilayah Kabupaten Serang Prov. Banten juga akan menjadi titik utama pemantauan selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hal tersebut, dilakukan, karena dua titik tersebut, menjadi wilayah berpotensi terjadinya rawan ketenteraman dan ketertiban umum.

Kepala Bidang Trantibum Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Serang, Hanafi mengatakan, ada beberapa titik yang menjadi daerah rawan trantibum termasuk saat libur Natal dan Tahun Baru, di antaranya pasar tradisonal dan kawasan wisata.

 

(Info Nataru: Arsa, Bbs, Net)

 

Check Also

Pertanian di Provinsi Banten Masuki Musim Panen Padi dan Jagung

Post Views: 828 Metrobanten, Banten – Di tengah wabah corona (covid 19) akhir Maret 2020 ...

Metrobanten.co.id : Menyajikan Berita Terkini, Peristiwa, Gaya Hidup, Nasional, Internasional, Bisnis, Ekonomi, Wisata, Kuliner dan Liputan Khusus.