Joan Laporta Resmi Jadi Presiden Barcelona

Joan Laporta Resmi Jadi Presiden Barcelona
Presiden Barcelona, Joan Laporta © AP Photo

 

Sport – Barcelona akhirnya secara resmi punya presiden baru. Joan Laporta resmi terpilih sebagai presiden baru Barcelona untuk menggantikan posisi Josep Maria Bartomeu yang mundur pada 2020 lalu.

Bartomeu mundur sebelum masa jabatannya usai. Keputusan itu diyakini tidak lepas dari kisruh yang terjadi di klub atas Catalan, baik di level direksi maupun hubungan dengan pemain.

Belakangan, Bartomeu diciduk polisi atas kasus Barcagate. Dia dituding menyewa jasa ‘buzzer’ untuk membuat opini negatif tentang pesaingnya di Barcelona, termasuk para pemain seperti Lionel Messi dan Gerard Pique.

Selama periode 2003-2010 menjadi presiden Barcelona, Laporta menghadirkan 12 trofi bagi publik Estadio Camp Nou. Bahkan pernah pada 2009, Barcelona menyapu bersih semua trofi yang tersedia, yakni enam gelar atau biasa disebut Sextuple.

Baca juga: Chelsea Bombardir Gawang Everton Dengan Dua Gol Tanpa Balas

Demi mengulangi sukses 2003-2010, Joan Laporta sudah menyiapkan sejumlah program. Mengutip dari Marca, Joan Laporta akan membawa orang-orang kepercayaannya untuk mengurusi Barcelona.

Kemudian, misi selanjutnya adalah memperpanjang kontrak Lionel Messi yang berakhir pada 30 Juni 2021. Selanjutnya, Joan Laporta menargetkan Barcelona meraih 1,4 miliar euro atau setara Rp23,8 triliun selama masa kepemimpinannya kali ini.

Dari semua target di atas, prestasi tim juga dijadikan bidikan. Menurut laporan The Sun, Joan Laporta takkan melanjutkan kerja sama dengan pelatih Barcelona saat ini, Ronald Koeman.

Baca juga: Liverpool Dipermalukan Fulham 0-1 di Anfield

Ronald Koeman diberi kesempatan membesut Barcelona hingga akhir musim 2020-2021. Setelah musim berakhir, kursi pelatih Barcelona akan diberikan kepada juru taktik Arsenal, Mikel Arteta.

Sebenarnya buruan Joan Laporta adalah Josep Guardiola. Namun, yang bersangkutan kadung cinta kepada klubnya saat ini, Manchester City. Karena itu, Mikel Arteta dipilih karena paham betul dengan gaya kepelatihan Guardiola, mengingat dirinya sempat menjadi asisten pelatih asal Spanyol itu di Manchester City dalam kurun 2016-2019.

Masih menurut The Sun, Mikel Arteta akan membawa tiga pemain Liga Inggris untuk gabung Barcelona. Mereka ialah duo Arsenal Hector Bellerin (fullback kanan) dan Bukayo Saka (winger kanan), serta Sergio Aguero (Manchester City).

Betapa berbahayanya skuad Barcelona musim depan jika nama-nama di atas plus Mikel Arteta jadi mendarat. Menarik menanti gebrakan yang dilakukan Joan Laporta bersama Barcelona. (red)

Check Also

Polda Metro Jaya  Tangkap Dua Pengedar 189 Gram Sabu di Kota Tangsel

Polda Metro Jaya Tangkap Dua Pengedar 189 Gram Sabu di Kota Tangsel

  Metrobanten, Jakarta – Polda Metro Jaya menangkap dua orang diduga pengedar narkotika berinisial R dan ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup