Hari Habitat Sedunia, Aeropolis dan DLH Kota Tangerang Gelar Lomba Aksi Lingkungan

Metrobanten, Kota – Dalam rangka memperingati Hari Habitat Sedunia, Aeropolis bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang gelar kegiatan aksi lingkungan dengan menggelar lomba membuat poster dari daur ulang dan lomba mewarnai, bertempat di Parkir Timur Aeropolis Commercial Park 2, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang.

Lomba diikuti oleh 200 peserta dari Sekolah Adiwiyata yang ada di Kota Tangerang, acara dihadiri oleh Sekdis DLH Kota Tangerang H.Maryono Hasan, Wakapolsek Neglasari AKP Umi, panitia, peserta dan para tamu undangan, Minggu (27/10/19).

Dalam sambutannya, Sekdis DLH Kota Tangerang Maryono Hasan mengatakan, Pemerintah kota (Pemkot) Tangerang melalui DLH sangat mengapresiasi acara yang telah berlangsung di Aeropolis. Menurutnya, kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Habitat Sedunia.

Dengan begitu, para peserta yang merupakan pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) dari sekolah Adiwiyata ini dapat meminimalisir setiap sampah di sekolah masing-masing.

Dengan memanfaatkan daur ulang dari sampah untuk diperlombakan, secara tidak langsung dapat menciptakan kondisi yang baik bagi lingkungan di sekolah, ini untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah.

“Ya, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya penyelamatan lingkungan. Dengan lingkungan bersih, anak-anak sehat,” katanya saat sambutan.

Dikatakannya, dengan perlombaan yang dilaksanakan hari ini juga dapat menghindari dampak lingkungan yang negatif. “Dengan hidup sehat dalam lingkungan sekolah, belajar juga jadi lancar,” tuturnya.

Lebih lanjut, Maryono menyebut bahwa Sekolah Adiwiyata tersebut sebelumnya diberikan pembinaan- pembinaan oleh Tim pembina. Dimana tim pembinanya dari para aktivis yang memiliki kapasitas di lingkungan hidup, yang kami libatkan langsung di DLH Kota Tangerang.

Adapun kegiatan yang mereka berikan yaitu dengan memberikan konseling, pembinaan, memberikan informasi terkait pemilahan sampah di setiap sekolah dan melakukan pembenahan di sekolah tersebut untuk mewujudkan Sekolah Adiwiyata.

“Pembinaan tersebut dilakukan sampai mereka mengerti, kemudian tim pembina memberikan pembinaan ke sekolah lainnya. Kita dor to dor ke sekolah-sekolah,” jelasnya.

Firman ketua panitia menyebut kegiatan aksi lingkungan yang dilaksanakan bersama Aeropolis ini berasal dari daur ulang kardus, tutup botol, botol plastik dan lainnya.

“Pemilihan sampahnya dari daur ulang kardus bekas, botol, dan tutup botol,” kata Firman.

Sementara, Wakapolsek Neglasari AKP Umi menambahkan, pihaknya sangat memberi dukungan kepada kegiatan yang telah berlangsung tersebut. Pasalnya, kegiatan ini merupakan hal yang sangat positif. Anak-anak dari kecil sudah diberikan edukasi aksi lingkungan hidup dengan mendaur ulang sampah di sekolah mereka.

“Ini sangat positif. Mereka dari kecil sudah dapat memanfaatkan sampah untuk dimanfaatkan dan diperlombakan. Dan kami di sini memberikan keamanan dan kenyamanan untuk anak-anak,” pungkasnya.

Diketahui, Sekolah Adiwiyata adalah Sekolah yang peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah. Dengan adanya program Adiwiyata diharapkan seluruh masyarakat di sekitar sekolah agar dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh kita.
(Ds)

Check Also

Oknum Perwira Kompol IZ Kurir Sabu Jaringan Internasional, Kapolri Minta Proses Hukum Tegas

Oknum Perwira Kompol IZ Kurir Sabu Jaringan Internasional, Kapolri Minta Proses Hukum Tegas

  Metrobanten, Jakarta – Polri masih menelusuri kasus penyelundupan 16 kg sabu yang melibatkan oknum perwira Direktorat Reserse Kriminal ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup