Google Dikabarkan Akan Luncurkan Android 13 Bernama ‘Tiramisu’

Google Dikabarkan Akan Luncurkan Android 13 Bernama 'Tiramisu'
Google Dikabarkan Akan Luncurkan Android 13 Bernama ‘Tiramisu’

 

MetroBanten, Tekno – Google akan merilis android 13 pada Quartal ke-4 (Q4) tahun 2022. Kabarnya, android 13 ini akan menggunakan desain visual Material You.

Google baru saja merilis sistem operasi Android generasi ke-12, belakangan ini muncul bocoran informasi untuk Android 13. Android 13 diperkirakan masih akan lama hadir karena versi Android 12.1 atau Android 12L pun belum meluncur.

Versi untuk pengembang Android 13 pun baru ada tahun depan. Meski pun begitu, laman XDA Developer mendapatkan informasi dari orang yang mengetahui pengembangan Android 13 ini. Android 13 disebut akan bernama Tiramisu

Sistem operasi ini akan memiliki aplikasi “Panglingual”, fitur yang sedang dikembangkan Google. Fitur panlingual sangat bermanfaat bagi pengguna yang menguasai lebih dari satu bahasa.

BACA JUGA: Google Ungkap Tren Penelusuran Terpopuler Sepanjang Tahun 2021

Saat ini, pengaturan ponsel hanya mengizinkan satu bahasa digunakan untuk seluruh aplikasi dan fitur yang dipasang di ponsel.

Dengan panlingual, pengguna bisa menentukan bahasa yang ingin digunakan per aplikasi. Google berencana memberikan pengaturan baru untuk notifikasi pada Android 13.

Notiffikasi akan menjadi fitur yang harus dinyalakan atau dimatikan, seperti memberi izin akses pada kamera dan lokasi dalam sebuah aplikasi.

Android 13 akan memiliki The Android Resource Economy atau TARE, manajemen penggunaan energi dalam perangkat Android.

BACA JUGA: Google Minta Para Pengguna Android Segera Hapus 19 Aplikasi Jahat Ini

Pratinjau pengembang menyertakan beberapa fitur yang akan datang dan terus ditingkatkan ketika versi yang lebih baru dirilis.

Melansir dari XDA Developers, program pratinjau pengembang android 11 dan android 12 dimulai pada bulan Februari. Hal bisa diasumsikan bahwa pratinjau pengembang android 13 juga akan mulai diluncurkan pada Februari 2022.

  • Android13 Beta

Android 13 Beta merupakan android versi pratinjau pengembang yang masih dalam tahap uji coba. Beta biasanya rilis bertepatan dengan Google I/O yang diselenggarakan pada pertengahan Mei setiap tahunnya. Jika Google tetap pada trennya, diperkirakan android 13 Beta akan rilis pada Mei 2022.

  • Android13 Beta with Platform Stability

Android versi ini adalah versi yang paling mendekati versi stabil. Idealnya, versi ini akan keluar satu sampai dua bulan sebelum rilisnya versi stabil.

Platform Stabilitas Beta Android 12 dirilis pada Agustus 2021. Sehingga, diperkirakan android 13 Beta with Platform Stability akan rilis pada Agustus 2022.

  • Android13 Stable

Versi ini merupakan rilis akhir android 13. Biasanya, seri Pixel Google diperbarui terlebih dahulu, lalu diikuti oleh ponsel dari OEM lain. Timeline rilis versi stabil biasanya bertepatan dengan rilis smartphone Pixel terbaru. Berdasarkan tren sebelumnya, android 13 akan diluncurkan pada Oktober 2022 mendatang.

Kabar inovasi Google ini menjadi suatu hal menggembirakan bagi pengguna dan pecinta android secara umum. Ponsel android semakin diminati oleh banyak konsumen termasuk di Indonesia.

Inovasi ini pun didukung oleh sejumlah perusahaan penyedia telepon genggam atau ponsel. Brand-brand besar seperti Samsung telah merilis jenis smartphone yang juga mengikuti perkembangan android dari Google. (Arsa)

Check Also

Anggota DPRD Dorong Pemkot Tangerang Bangun Sarana Utilitas

Anggota DPRD Dorong Pemkot Tangerang Bangun Sarana Utilitas

  MetroBanten, Tangerang – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang menyoroti banyaknya galian di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup