Eksotisme Curug Rame di Lebak Layak Dikunjungi untuk Berwisata Alam

Eksotisme Curug Rame Layak Dikunjungi untuk Berwisata Alam
Seorang pengunjung berfoto dengan latar Curuh Rame yang berlokasi di di Kampung Beber, Desa Cihujan, Kecamatan Cijaku, Kabupaten Lebak.

 

Metrobanten, Lebak – Diantara belasan atau bahkan mungkin puluhan air terjun alami atau dalam bahasa Sunda lebih dikenal dengan nama curug, terdapat beberapa yang masih alami dan belum tersentuh pembangunan. 

Salah satunya adalah Curug Rame yang berada di wilayah selatan Kabupaten Lebak, tepatnya di wilayah Desa Cihujan, Kecamatan Cijaku.

Curug Rame merupakan salah satu air terjun unik yang ada di Kabupaten Lebak. Karena lokasinya yang jauh dari pusat kota dan belum dikelola secara profesional. Mungkin masih banyak warga Banten yang tidak tahu keberadaan curug atau air terjun ini.

Curug Rame berada di Kampung Beber, Desa Cihujan, Kecamatan Cijaku, Kabupaten Lebak, Banten. Curug ini unik karena lokasinya tak jauh dari persawahan. Bila biasanya sebuah air terjun jauh dari persawahan karena berada di dalam hutan, curug ini malah sangat dekat dengan persawahan warga.

Baca juga: Menparekraf Dorong Pariwisata Era Baru Berbasis Alam Terbuka

Bila dilihat dari jauh, air terjun ini seperti sedang mengairi persawahan yang hijau membentang penuh dengan tanaman padai yang masih muda. Bila biji padi sudah matang maka pemandangan pasti akan lebih indah lagi. 

Air terjun yang turun dan membentur bebatuan yang berundak membuat pemandangan pada air terjun ini tidak bosan untuk dipandang.

Sayang ketika datang ke air terjun ini airnya sedikit keruh lantaran sebelumnya turun hujan. Bila saat kemarau air terjun ini pasti akan lebih cantik lagi.

Bagi yang ingin datang ke Curug Rame bisa menempuhnya dengan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Rute yang bisa diambil adalah dari Rangkasbitung-Cileles-Gunung Kencana-Cijaku. Dengan jauh perjalanan mencapai sekitar 71 kilometer (km). Lama perjalanan dari Rangkasbitung kurang lebih memakan waktu sampai dua jam.

Baca juga: Gubernur Banten Hormati Kebijakan Pemerintah Mengenai Larangan Mudik dan Pembukaan Tempat Wisata

Destinasi wisata alam yang berada di lahan milik masyarakat itu sangat memesona, dan telah menjadi daya tarik bagi masyarakat sekitar.

Sayangnya eksotisme serta pesona keindahan Curug Rame itu belum dikenal luas dan sama sekali belum tersentuh pembangunan.

Khususnya infrastruktur jalan menuju lokasi, sehingga agak menyulitkan pengunjung. Kepala Desa Cihujan, Bedah Khoirunisa meyakini, Curug Rame yang berada di desanya sangat berpotensi menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Lebak.

Terlebih jika didukung dengan sarana dan prasarana yang bisa memanjakan pengunjung. Soal keindahan dan eksotisme Curug Rame, silakan bandingkan dengan wisata curug lain yang ada di Lebak.

Bagi sebagian orang kesulitan menuju lokasi curug mungkin menjadi tantangan dan daya tarik tersendiri.

Bahkan ketiadaan sarana pendukung seperti tempat istirahat, kamar bilas atau kamar kecil tidak terlalu dipermasalahkan. (red)

Check Also

DPRD Minta PDAM Tirta Benteng Jaga Kualitas Pelayanan Air Bersih

DPRD Minta PDAM Tirta Benteng Jaga Kualitas Pelayanan Air Bersih

  Metrobanten, Tangerang – Telah beralihnya sejumlah pelanggan Perumdam Tirta Kerta Raharja (TKR) ke Perumdam ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup