NEWSTANGERANG RAYA

DPKP Kabupaten Tangerang Catat 620 Hewan Ternak Sembuh dari PMK

620 Hewan Ternak di Kabupaten Tangerang Sembuh dari PMK
DPKP Kabupaten Tangerang Catat 620 Hewan Ternak Sembuh dari PMK

 

MetroBanten – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang melaporkan total 620 hewan ternak di Kabupaten Tangerang telah dinyatakan sembuh dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

Saat ini, sebanyak 412 ekor hewan ternak sembuh yang terdiri dari 340 ekor sapi, 13 ekor kerbau, 14 ekor kambing dan 45 ekor domba di Kabupaten Tangerang

“Jadi, dari total kasus yang ada sebanyak 620 ekor hewan terkena PMK, saat ini sudah ada 412 ekor hewan sudah dinyatakan sembuh. Sisanya satu ekor mati dan 207 ekor dipotong saat kurban,” kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Hustri Windayani.

BACA JUGA: Sering Banjir, DPRD Kota Tangerang Sidak Lokasi di Perumahan Duta Garden

Menurutnya, dari sekitar 620 ekor yang sakit akibat terkena penyakit mulut dan kuku tersebut, ditemukan dari 50 tempat penjualan hewan di 29 kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang.

“Untuk yang 207 ekor itu, memang untuk hewan kurban. Tapi pada saat akan dipotong kondisinya sudah membaik,” ujar Hustri.

Ia mengungkapkan, selama proses pemeriksaan dan pendataan hewan yang masih terus dilakukan oleh pihaknya itu, hingga saat ini tidak ditemukan adanya laporan hewan terindikasi terkena wabah penyakit mulut dan kuku.

BACA JUGA: Produk UMKM Kabupaten Serang Tampil di Pameran AOE 2022

“Iya, sampai sekarang belum ada temuan lagi, mudah-mudahan tidak ada laporan. Dan kami juga mengimbau masyarakat atau peternak tetap melaporkan jika ada temuan kasus PMK,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, meski kini kasus PMK yang ada di daerahnya itu belum ditemukan lagi, namun, masyarakat atau para peternak diminta untuk tetap waspada dan selalu menjaga sterilisasi lingkungan kandang dengan menyemprotkan cairan disinfektan serta rutin mengecek kesehatan hewannya.

“Memang itu sudah kewajiban para peternak agar menjaga kebersihan kandang hewan. Termasuk dalam menyemprotkan disinfektan itu,” ujarnya. (Red)

Back to top button