Cara Mudah Terhindar dari Serangan Flu Saat Musim Hujan

Cara Mudah Terhindar dari Serangan Flu Saat Musim Hujan
Cara Mudah Terhindar dari Serangan Flu Saat Musim Hujan.

 

MetroBanten – Saat musim hujan tiba, risiko terkena infeksi dan penyakit lebih tinggi, karena meningkatnya kelembapan udara dan menurunnya daya tahan tubuh. Udara menjadi lebih dingin yang dapat menyebabkan gangguan kondisi kesehatan salah satunya adalah flu.

Meski demikian, tidak perlu khawatir, ya. Soalnya, ada cara terhindar dari flu di musim hujan yang bisa diterapkan, supaya kamu tetap sehat.

Faktanya, banyak virus dan bakteri berkembang biak dan menginfeksi manusia di musim hujan. Untuk itu, jangan sampai aktivitas terganggu oleh penyakit yang biasa menyerang saat musim hujan.

Berbagai penelitian menjelaskan, kemampuan virus flu untuk berkembang biak dan menyebar jadi lebih cepat pada suhu dingin. Itulah alasan mengapa pada musim hujan, virus ini lebih mudah menular dari orang yang satu ke orang lainnya.

Begini Cara Terhindar dari Flu di Musim Hujan

Meski penularan flu memang lebih mudah terjadi pada musim hujan, tapi kamu tetap bisa terkena flu di musim kemarau, karena virus penyebab penyakit ini mampu bertahan di udara yang kering dan hangat.

Untuk mencegah terserang flu, ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan, yaitu:

1. Rajin mencuci tangan

Membiasakan diri untuk cuci tangan secara rutin, terutama sebelum makan dan setelah menyentuh benda kotor, terbukti efektif dalam mencegah flu. Oleh karena itu, rajinlah cuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik atau lebih. Jika tidak ada, kamu bisa menggunakan hand sanitizer dengan kadar alkohol lebih dari 60%.

2. Tidak menyentuh wajah dengan tangan kotor

Virus penyebab flu dapat masuk melalui mata, hidung, dan mulut, akibat kebiasaan menyentuh wajah saat tangan sedang kotor. Maka dari itu, biasakan untuk tidak menyentuh wajah sebelum mencuci tangan, ya.

3. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga bisa meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga kamu tidak mudah terserang penyakit. Ada beragam jenis olahraga yang bisa kamu lakukan, antara lain aerobik, jogging, dan yoga. Lakukanlah olahraga secara rutin, selama 20–30 menit per hari.

4. Konsumsi makanan bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsilah lebih banyak sayuran dan buah, seperti bayam, pepaya, dan jeruk. Perbanyak juga konsumsi protein, seperti telur, daging, atau ikan, untuk memperkuat daya tahan tubuh.

5. Tidur yang cukup

Kurang tidur dalam jangka waktu yang lama juga diketahui berkaitan dengan lemahnya sistem kekebalan tubuh dan peningkatan kadar hormon stres, sehingga lebih rentan terserang infeksi virus. Jadi, tidurlah dengan cukup setiap malam, sekitar 7–9 jam, agar daya tahan tubuhmu kuat.

6. Berhenti merokok

Asap rokok diketahui dapat membuat saluran pernapasan menjadi kering bahkan meradang. Inilah yang menyebabkan perokok berat lebih mudah dan lebih sering terkena flu dengan gejala yang lebih berat dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

Bukan hanya pada orang yang merokok secara langsung saja, flu dan iritasi saluran pernapasan juga rentan dialami oleh perokok pasif, lho.

7. Lakukan vaksinasi flu

Melakukan vaksinasi flu atau influenza secara rutin adalah salah satu langkah pencegahan yang penting dilakukan agar tidak mudah terserang flu. Vaksin ini diketahui dapat mencegah kambuhnya flu dan terjadinya flu dengan gejala yang berat.

8. Pakai masker

Virus penyebab flu mengontaminasi udara melalui percikan dahak atau ludah saat penderita bersin atau batuk. Oleh karena itu, gunakanlah masker untuk mencegah virus flu di udara terhirup.

Kebiasaan menggunakan masker juga harus diterapkan oleh seseorang yang sedang flu. Saat flu, terapkan etika batuk dan bersin dengan menutup hidung dan mulut dengan siku atau tisu dan segera cuci tangan setelahnya. Ini bertujuan untuk menurunkan risiko orang di sekitar tertular flu.

Agar kamu terhindar dari penyakit flu, terapkan berbagai cara pencegahan flu di atas. Namun, jika kamu masih juga sering terkena flu atau jika flu yang kamu alami tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

(Arsa)

Back to top button