Cagar Alam Rawa Danau Masuk Program Prioritas Nasional

Cagar Alam Rawa Dano Masuk Program Prioritas Nasional
Cagar Alam Rawa Danau Masuk Program Prioritas Nasional.

 

MetroBanten, Serang – Cagar alam Rawa Dano yang berlokasi di Kampung Panenjoan, Desa Luwuk, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Serang, masuk dalam prioritas untuk pemulihan fungsi dan memelihara ekosistem. Program nasional tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres).

Wakil Gubernur (Wagub) Banten, Andika Hazrumy menyatakan Rawa Dano sebagai danau prioritas. Hal itu berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 60 tahun 2021 tentang penyelamatan danau prioritas.

Rawa Dano yang terletak di Kabupaten Serang adalah kawasan konservasi yang ditetapkan menjadi cagar alam. Rawa Danau juga menjadi satu-satunya cagar alam yang memiliki kekhasan di Pulau Jawa.

“Pemerintah Provinsi Banten dengan Pemerintah Kabupaten Serang dan juga dengan pemerintah pusat sebagaimana ketentuan dalam peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2021 tentang penyelamatan danau prioritas di mana salah satu danau di wilayah Kabupaten Serang yaitu Rawa Danau masuk danau prioritas,” ujarnya dalam sambutan pada Rapat Paripurna Istimewa HUT Kabupaten Serang ke-495 di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Serang, Jumat (8/10/2021).

Wisata Rawa Dano, Serang, Banten

Baca juga: Badak Jawa Bercula Satu di TNUK Pandeglang Bertambah Dua Ekor

Andika mengungkapkan, dalam ketentuan Peraturan Presiden nomor 60 tahun 2021 tentang penyelamatan danau prioritas, salah satu danau di wilayah Kabupaten Serang yaitu rawa danau masuk danau prioritas untuk memelihara fungsi dan memelihara ekosistem dengan memperhatikan kondisi secara berkelanjutan.

“Mari kita kerja bersama, bahu membahu, saling bergotong royong bangkit bersama mewujudkan pembangunan Kab. Serang yang maju, mandiri dan berdaya saing,” tuturnya.

Baca juga: Desa Wisata Sukarame Carita Pandeglang Masuk Nominasi 50 Desa Wisata Terbaik Indonesia

Sementara itu, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan rawa danau ini menjadi prioritas nasional, karena memang disana juga dijadikan sumber air baku.

“Tentunya dengan dibangungnya rawa danau, saya sangat berharap banyak ada dampak ekonomi untuk masyarakat disana, pemberdayaan masyarakat di sekitar sana, tuturnya.

Selain menjadi sumber air baku, kata Tatu saat ini rawa danau juga dimanfaatkan untuk pariwisata. Menurutnya, setelah ditata diharapkan juga bisa lebih indah dan bisa menarik wisatawan. “Bisa menjadi destinasi pilihan selain Anyer-Cinangka, ” imbuhnya. (red)

Check Also

KPK Tangkap Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin dan Sejumlah Pejabat

KPK Tangkap Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin dan Sejumlah Pejabat

  MetroBanten, Jakarta – KPK menggelar operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Musi Banyuasin Dodi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup