Bupati Serang Resmikan Gedung Baru Kantor Desa Kareo

Bupati Serang Resmikan Gedung Baru Kantor Desa Kareo

Metrobanten – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meresmikan gedung baru Kantor Desa Kareo, Kecamatan Jawilan tepatnya di Jalan Raya Cikande-Rangkas bitung Kampung Kareo. 

Gedung yang dibangun secara swadaya masyarakat itu pun dijadikan sebagai percontohan desa lain yang ada di Kabupaten Serang.

Dilansir dari Antara, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang mengapresiasi kepada Kepala Desa (Kades) Koreo, masyarakat dan pihak industri yang membantu pembangunan Gedung Kantor Desa Kareo. 

Menurutnya, ditengah kesulitan Pemda Serang dalam membangun kantor desa karena kondisi keuangan paska covid-19 yang belum pulih, ternyata Kades Kareo punya inovasi, punya kepedulian, punya semangat yang luar biasa.

“Ternyata bisa (kantor desa) di bangun, dan harusnya ini bisa dilakukan oleh kepala desa-kepala desa yang lainnya. Pak kades coba berbagi pengalaman dengan kepala desa yang lain yang ada di wilayah sekitar industri di Kabupaten Serang,” ujar Bupati usai peresmian gedung tersebut pada Selasa (22/11).

Mengingat, ada beberapa kecamatan yang merupakan wilayah industri meliputi Kecamatan Jawilan, Kopo, Kragilan, Kibin, Cikande, dan Kecamatan Ciruas sebagiannya. Tentunya dengan dibangunnya Kantor Desa Kareo sebuah inovasi yang harus ditularkan kepada para kades lainnya.

“Pastinya tidak sekonyong-konyong perusahaan membantu, pasti ada komunikasi-komunikasi yang di bangun oleh pak kades dan ini ilmu yang harus di sampaikan ke temen-temen (kades)” kata Tatu.

Dengan demikian, sebut Tatu, jika dibangun dengan kebersamaan dari sebanyak 326 desa yang tersebar di 29 kecamatan, maka Pemkab Serang tidak akan kesulitan bahkan bisa mempercepat menyelesaikan pembangun gedung kantor desa yang kondisinya tidak layak digunakan. 

“Jadi saya minta ke pak kades untuk juga memberikan testimoni kepada temen-temen kepala desa lainnya,” ucapnya.

“Tadi saya sampaikan kantor desa yang nyaman ini selain untuk pelayanan tentunya pak kades dan jajaran pegawai desanya juga bisa dipakai tempat untuk masyarakat disini berdiskusi, musyawarah baik itu untuk menyelesaikan persoalan juga dalam mendiskusikan untuk kemajuan-kemajuan masyarakat Desa Kareo,” tambah Tatu.

Selain itu, Tatu menekankan juga untuk pembangunan atau pemulihan ekonomi pihaknya mendorong ekonomi kerakyatan dibawah. Maka Kades Kareo harus menginventarisir apa saja yang dibutuhkan oleh industri, dengan begitu memberikan pembinaan kepada masyarakat untuk membuat bahan salah satunya penyambung (colokan) listrik. 

“Nanti pak kades saya minta juga dari potensi yang ada ini untuk mendorong BUMDes membuat kelompok-kelompok ekonomi ditengah masyarakat,” ujarnya.

Turut hadir Asisten Daerah (Asda) I Nanang Supriatna, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Haryadi, Anggota DPRD Kabupaten Serang Aef Syaefullah dan Munati, serta Unsur Muspika Kecamatan Jawilan. 

Kades Kareo, Kecamatan Jawilan, Kusjani mengatakan pembangunan gedung dimulai pada Maret 2021 lalu dengan luas lahan 426 meter dan luas bangunannya yakni 262,4 meter. Dibangunnya gedung baru lantaran kondisi gedung yang lama kerap mengalami banjir jika curah hujan tinggi karena posisinya dibawah lahan pesawahan.

“Sehingga kami mengurug hampir ketinggiannya mencapai 2 meter karena memang saya rencanakan sebelumnya kondisi kantor harus di atas jalan,  mengingat semakin kesini kondisi jalan naik terus sehingga persiapan saya kedepan supaya tidak ada dibawah lagi,” ujarnya. (Red)

Back to top button