BNN Musnahkan 9 Hektare Ladang Ganja di Pedalaman Aceh Utara

BNN Musnahkan 9 Hektare Ladang Ganja di Pedalaman Aceh Utara
Badan Narkotika Nasional (BNN) RI memusnahkan sembilan hektar ladang ganja dengan berat sekitar 35 ton di Desa Jurong dan Desa Sawang, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, Selasa (6/4/2021).(HUMAS ACEH UTARA)

 

Metrobanten, Aceh – Badan Narkotika Nasional (BNN) RI memusnahkan 9 hektare ladang ganja dengan berat sekitar 35 ton di Desa Jurong dan Desa Sawang, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, Selasa (6/4/2021).

Pemusnahan ladang ganja itu dilakukan dengan cara dibakar. Ketinggian batang ganja sekitar 250 sentimeter.

Tim gabungan mencabut batang ganja itu lalu membakarnya. Turut ditemukan sekitar 10.000 bibit ganja di dalam polybag.

Pemusnahan lahan ganja seluas 9 hektar tersebut dipimpin langsung oleh Kepala BNN, Petrus Reinhard Golose didampingi Deputi Pemberantasan BNN, Arman Depari dengan melibatkan petugas dari instansi terkait seperti TNI-Polri, Pemda, Kejaksaan, Bea Cukai.

Baca juga: Cabut Telegram Larangan Media, Kapolri: Kami Butuh Masukan dari Masyarakat

Kepala BNN RI Komjen Pol Petrus Reinhard Golose kepada wartawan, menyebutkan timnya terus berkoordinasi dengan semua pihak untuk menemukan ladang ganja di seluruh Indonesia. Khusus Aceh Utara, ladang ganja kerap ditemukan di Kecamatan Sawang.

“BNN RI saat ini berkolaborasi dan berkoordinasi dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dan Badan Informasi Geospasial (BIG) untuk menemukan dan mengamankan titik koordinat ladang ganja,” kata Komjen Pol Petrus Reinhard Golose.

Deputi Pemberantasan BNN, Arman Depari mengatakan dalam operasi tersebut ganja yang ditemukan dicabut, dipotong dan dibakar di tempat(TKP).

Baca juga: Pasukan Kopassus Bagikan 2.000 Paket Sembako Bagi Warga Terdampak COVID-19

Saat ini, tambah Depari, operasi masih berlanjut untuk mencari dan menemukan tersangka dan barang bukti yang lain.

“Lahan ganja yang ditemukan 9 Ha, dengan berat basah kl 25 ton. Ganja yang ditemukan dicabut, dipotong dan dibakar ditempat(TKP), saat ini oprasi masih berlanjut unt mencari dan menemukan tersangka dan barang bukti yg lain,” kata Depari kepada Indonews.id melalui aplikasi pesan singkat WhasApp, Selasa (6/4) sore.

Terpisah, Pemimpin Redaksi Indonews.id selaku Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) BERSAMA, Drs. Asri Hadi, MA menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kinerja Kepala BNN RI Petrus Reinhard Golose.

Asri mengatakan, masyarakat Indonesia menaruh harapan besar kepada Kepala BNN yang sekarang dalam upaya memerangi dan memberantas peredaran gelap narkotika di Indonesia.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada Kepala BNN, Petrus Reinhard Golose atas kinerjanya dalam pengungkapan kasus dan masalah Narkoba di Indonesia. Semoga Indonesia terbebas dari penyalahgunaan Narkoba,” kata Asri Hadi.* (red).

Check Also

KPK Tangkap Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin dan Sejumlah Pejabat

KPK Tangkap Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin dan Sejumlah Pejabat

  MetroBanten, Jakarta – KPK menggelar operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Musi Banyuasin Dodi ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup