news metrobanten metro RSUD Kota Tangerang

Berikan Pelayanan Terbaik, Dinkes Berikan Penghargaan Si Jari Emas Kepada RSUD Kota Tangerang

Metrobanten Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang terus tingkatkan pelayanan terbaik terhadap pasien, khususnya masyarakat Kota Tangerang. Sehingga pasien yang datang dapat terlayani dengan optimal tanpa mengeluh, khususnya para Ibu yang akan melahirkan.

Atas kinerja tersebutlah RSUD Kota Tangerang mendapatkan  penghargaan pelayanan terbaik Sisrute dan Si Jari Emas oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang tepat di hari perayaan HKN pada Minggu,(12/11/17) lalu.

Dirut RSUD Kota Tangerang, Dr. H. Feriyansyah mengucapkan, bahwa penghargaan pelayanan terbaik Sistem Informasi Jejaring Rujukan Expanding Maternal and Newborn Survival (Si Jari Emas) dan Sistem rujukan terintegrasi (Sisrute) yang diberikan oleh Dinas kesehatan (Dinkes) akan menjadi motivasi RSUD Kota Tangeran dalam terus meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.

Khususnya sistem-sistem rujukan yang dibangun dan dikembangkan oleh Dinkes, itu untuk memudahkan pihak Rumah sakit dan masyarakat dalam hal permasalahan proses rujukan antara pelayanan dasar  puskesmas dan pelayanan lanjutan  Rumah sakit di Kota Tangerang.

“Karena Si Jari Emas adalah Sistem Informasi dan komunikasi jejaring rujukan kegawat daruratan Maternal.
Dimana sistem itu diintegrasi dari RSUD, Rs Swasta dan Bidan untuk keakurasian pertukaran informasi terkait kebutuhan rujukan pasien yang membutuhkan pelayanan,” ujar Dr. Feri.

News metrobanten RSUD Kota TAngerang Si jari eas
Walikota Arief R. Wismansyah saat pemberian  penghargaan Si Jari Emas di Tugu Adipura

Sementara Kepala Intalasi Gawat Darurat  (IGD) Dr. Taufik menambahkan, ketika pasien akan mendapatkan perawatan bersalin, dan bidan yang menangani  membutuhkan rujukan bisa menyampaikan short message service (sms) ke operator Si Jari Emas yang ada di Dinkes dan bisa langsung dibuka aplikasinya di RSUD.

Menurutnya, dengan Sisrute itu, nanti pasien yang membutuhkan rujukan ke rumah sakit lainnya akan langsung di urus oleh pihak RSUD, tentunya pasien harus melengkapi data-datanya dan penanganan pasien sudah dilakukan terlebih dulu oleh pihak RSUD sebelum di rujuk ke Rumah sakit lain.

Lebih lanjut, Dr. Taufik menejelaskan, di IGD RSUD Kota Tangerang  sudah memiliki ruangan khusus untuk penanganan pasien bersalin yakni ruang IGD Maternal, dimana pasien bersalin yang datang tergawatdarurat bisa langsung masuk ruang IGD Maternal sebelum naik ke ruang bersalin. Tentunya ruangan tersebut telah dilengkapi peralatan yang cukup memadai.

“Dengan Sisrute ini, keluarga pasien tidak perlu bersusah payah mencari ruangan saat akan di rujuk ke rumah sakit lain, jadi kita yang akan mencarikannya, mana yang sekiranya ruangannya tidak penuh, ya paling lama setengah jam kita urus semuanya,” tuturnya.

Dr. Taufik menuturkan, adanya Sisrute dan Si Jari Emas sangat membantu masyarakat kota Tangerang, khususnya pasien bersalin tidak perlu khawatir kamar perawatan full, karena kita akan terus mengupayakan kamar perawatan untuk ibu bersalin.

” Ya,selama ini RSUD selalu bisa melayani pasien bersalin, selama tidak ada kasus yang memang dokter-dokter spesialisnya tidak ada dengan terpaksa kami akan rujuk ke Rs lain. Meskipun RSUD merupakan RS Tipe C ,namun harapan kami kedepan semua dokter spesialis akan ada di RSUD, dan kami juga berharap kepada masyarakat agar bersabar saat ditangani oleh para dokter yang ada di RSUD,” tukasnya.

Dr Taufik juga mengutarakan, setiap pasien yang datang ke IGD RSUD kota Tangerang akan terus terlayani meskipun keadaan IGD penuh. ” Pasien tetap terlayani,namun akan tetap kita pilah. Apakah pasien tersebut masuk kategori, merah, kuning, hijau dan hitam. Tentunya kami akan memilih  pasien merah karena masuk ke gawatdaruratan, kemudian kuning dan baru hijau. Dan hijau ini yang harus kita terus berikan edukasi agar mereka paham, sedangkan kalau hitam biasanya pasien yang ketika datang sudah meninggal dunia,”tandasnya. (Adv)

Check Also

Pertanian di Provinsi Banten Masuki Musim Panen Padi dan Jagung

Post Views: 828 Metrobanten, Banten – Di tengah wabah corona (covid 19) akhir Maret 2020 ...

Metrobanten.co.id : Menyajikan Berita Terkini, Peristiwa, Gaya Hidup, Nasional, Internasional, Bisnis, Ekonomi, Wisata, Kuliner dan Liputan Khusus.