Beragam Manfaat Mengonsumsi Vitamin C untuk Kesehatan

Beragam Manfaat Mengonsumsi Vitamin C untuk Kesehatan
Beragam Manfaat Mengonsumsi Vitamin C untuk Kesehatan.

Metrobanten – Salah satu vitamin yang sejak dulu dikenal aman untuk dikonsumsi dan memiliki banyak kegunaan bagi tubuh adalah vitamin C. Vitamin ini salah satunya memiliki manfaat yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan kulit. Vitamin C juga mudah untuk diperoleh, baik dari asupan makanan maupun suplemen.

Vitamin C sering disebut sebagai asam askorbat dan termasuk jenis vitamin yang larut dalam air serta tidak diproduksi oleh tubuh. Kamu bisa mendapatkan sumber vitamin C dari buah-buahan dan sayuran segar atau jika perlu dari suplemen vitamin C.

Manfaat vitamin ini diperlukan untuk perkembangan serta menjaga fungsi kerja organ tubuh dan memiliki peran penting untuk kekebalan tubuh.

Alasan Penting Mengonsumsi Vitamin C

Alasan pentingnya mengonsumsi vitamin C yang paling umum adalah untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Vitamin C dapat diperoleh dari makanan, seperti buah dan sayuran. Namun, jika diperlukan, vitamin C juga bisa diperoleh melalui suplemen.

Manusia perlu mengonsumsi vitamin C setiap hari agar bisa merasakan manfaat vitamin C secara optimal. Selain manfaat vitamin C yang telah disebutkan di atas, berikut beberapa manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit yang perlu kamu tahu:

Beragam Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa alasan pentingnya mengonsumsi vitamin C:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Pentingnya mengonsumsi vitamin C adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ini karena vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang berperan untuk melindungi tubuh dari infeksi.

2. Melindungi tubuh dari radikal bebas

Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Hal ini akan mengurangi risiko terjadinya penuaan dini, penyakit jantung, dan kanker.

3. Membantu tubuh dalam memproduksi kolagen

Pentingnya mengonsumsi vitamin C juga dikaitkan dengan produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen merupakan protein yang dibutuhkan untuk menjaga kelembaban kulit, mencegah keriput, mengurangi risiko terkena penyakit jantung, meningkatkan massa otot, dan mencegah pengeroposan tulang.

4. Meningkatkan penyerapan zat besi

Zat besi memiliki peran yang penting dalam pembuatan sel darah merah dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Alasan pentingnya mengonsumsi vitamin C juga sebagai pendukung penyerapan zat besi dalam tubuh.

Mengonsumsi vitamin C secara cukup dapat mengurangi risiko terkena anemia karena vitamin ini dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan.

5. Menjaga kesehatan tubuh

Vitamin C juga penting untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, otot, dan kulit. Selain itu, manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi vitamin C adalah menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah untuk mencegah serangan jantung dan stroke.

Mengonsumsi Vitamin C dengan Tepat

Vitamin C dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan, seperti buah dan sayur. Sumber vitamin C alami antara lain adalah jeruk, kiwi, stroberi, buah kecapi, cabai, tomat, nanas, brokoli, bayam, paprika, dan kol.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C dengan dosis yang tepat sesuai anjuran dokter, atau sesuai aturan pakai yang tertera pada kemasan produk. Anda disarankan untuk mengonsumsi vitamin C setelah makan untuk meminimalkan risiko gangguan pada lambung.

Dosis harian suplemen vitamin C yang direkomendasikan untuk dewasa adalah 75 miligram untuk perempuan dan 90 miligram untuk laki-laki. Anda sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari 2.000 miligram vitamin C per hari.

Selain mengonsumsi vitamin C, Anda juga disarankan untuk tetap menjalani pola hidup sehat dengan mengelola stres, tidur cukup, dan rutin berolahraga untuk mendukung upaya menjaga kesehatan tubuh.

Alasan pentingnya mengonsumsi vitamin C memang ada banyak. Namun, konsultasikan lebih lanjut dengan dokter terkait dosis vitamin C yang aman dan sesuai dengan kondisi Anda, terutama jika Anda memiliki riwayat penyakit, sedang hamil, maupun menyusui.

(Arsa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button