Apple dan Google Diselidiki Terkait Game dan Browser Seluler

Apple dan Google Diselidiki Terkait Game dan Browser Seluler

Metrobanten – Dominasi Apple dan Google atas game cloud dan browser seluler akan diselidiki oleh regulator persaingan Inggris, demikian diumumkan.

Tahun lalu, sebuah “studi pasar” oleh Competition and Markets Authority (CMA) menyimpulkan bahwa mereka memiliki “cengkeraman” atas sistem operasi, toko aplikasi, dan browser web di perangkat seluler.

Jika investigasi selama 18 bulan menemukan dampak buruk pada persaingan, CMA dapat memberlakukan perubahan. Kedua perusahaan menyangkal tuduhan tersebut.

Dilaporkan oleh BBC, Kepala eksekutif sementara CMA Sarah Cardell mengatakan ingin memastikan Inggris:

  • konsumen menerima layanan data seluler baru terbaik
  • pengembang dapat berinvestasi dalam aplikasi baru yang inovatif

“Banyak bisnis dan pengembang web Inggris memberi tahu kami bahwa mereka merasa tertahan oleh pembatasan yang ditetapkan oleh Apple dan Google,” tambahnya.

Di Inggris, CMA mengatakan:

  • 800.000 orang menggunakan layanan cloud gaming
  • 97% penjelajahan web seluler tahun lalu menggunakan browser yang diberdayakan oleh perangkat lunak Apple atau Google

Google mengatakan sistem operasi Android menawarkan pilihan aplikasi dan toko aplikasi yang lebih banyak daripada platform seluler lainnya. Itu memungkinkan pengembang “untuk memilih mesin browser yang mereka inginkan dan telah menjadi landasan peluncuran bagi jutaan aplikasi”.

Apple mengatakan “percaya pada pasar yang dinamis dan kompetitif di mana inovasi dapat berkembang”.

App Store-nya telah membantu jutaan pengembang mengubah ide mereka menjadi aplikasi, yang telah mendukung ratusan ribu pekerjaan di Inggris saja, katanya.

“Kami akan terus terlibat secara konstruktif dengan Otoritas Persaingan dan Pasar untuk menjelaskan bagaimana pendekatan kami mempromosikan persaingan dan pilihan, sambil memastikan privasi dan keamanan konsumen selalu terlindungi,” tambah Apple. (Arsa)

Back to top button