Aparat Kecamatan Kosambi Bersihkan Aliran Kali di Jatimulya

Aparat Kecamatan Kosambi Bersihkan Aliran Kali di Jatimulya

Metrobanten – Aparatur Kecamatan Kosambi bersama pihak Pemerintah Desa Jatimulya melaksanakan kegiatan kerja bakti kebersihan lingkungan. 

Pelaksanaan kegiatan kerja bakti dan juga “bersih-bersih” lingkungan tersebut dilakukan di sepanjang aliran kali di wilayah Desa Jatimulya sampai dentan Desa Cengklong Kecamatan Kosambi.

Camat Kosambi, Dadang Sudrajat menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin pihak Kecamatan yang bekerjasama dengan pihak pemerintah desa setempat.

Menurutnya, selain menjaga kebersihan lingkungan, kerja bakti tersebut dilaksanakan sebagai upaya menjalin silaturrahmi dan memperkuat ukhuwah antara aparatur Kecamatan Kosambi dengan masyarakat di wilayah Desa tersebut.

“Kerja bakti ini kami targetkan dari Kelurahan Kosambi Barat sampai ke Desa Rawa Rengas. Panjang kali/sungai ini sekitar 10 km lebih. Kegiatan ini kami lakukan bersama-sama untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dari sampah.” ujar Camat Kosambi pada Sabtu (08/09/2022).

“Dengan saling menjaga lingkungan serta peduli terhadap kebersihan, ini juga sekaligus dapat meningkatkan kekompakan dan kebersamaan guna mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat,” tambahnya.

Selain menggunakan mobil Eksavator dan juga mobil pengangkut sampah, warga juga ikut membersihkan sampah dan lumpur di sepanjang bantaran kali.

Sementara itu, Poniman yang merupakan Kepala Desa Jatimulya menyampaikan, kerja bakti yang melibatkan berbagai pihak ini dilakukan untuk membersihkan lingkungan dan selokan dari sampah guna mencegah genangan air saat musim hujan.

“Ini merupakan langkah antisipasi dari pihak kecamatan dan bekerjasama dengan Desa Jatimulya dalam menghadapi musim hujan, sekaligus untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitar,” katanya.

Dia memastikan, kegiatan ini akan dilakukan secara rutin dengan melibatkan berbagai pihak termasuk masyarakat.

“Karena peran aktif masyarakat sangat dibutuhkan dalam menyukseskan berbagai program pemerintah khususnya dalam menjaga lingkungan,” katanya.

Sebagai informasi, kerja bakti ini juga merupakan kegiatan lanjutan dari penertiban bangunan liar yang ada diwilayah tersebut. Mengingat, keberadaan bangunan liar tersebut  dapat mengganggu aliran kali pada kali tersebut. (Hms)

Back to top button