Al Muktabar Hadiri Rapat Paripurna HUT ke-195 Kabupaten Lebak

Al Muktabar Hadiri Rapat Paripurna HUT ke-195 Kabupaten Lebak
Al Muktabar Hadiri Rapat Paripurna HUT ke-195 Kabupaten Lebak

Metrobanten – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, Kabupaten Lebak memiliki potensi sumber daya alam luar biasa utamanya dalam pengembangan sektor agro atau pertanian.

Provinsi Banten merupakan Provinsi yang masuk delapan (8) besar produsen beras nasional salah satunya ditopang oleh sektor pertanian Kabupaten Lebak.

Hal itu diungkap Al Muktabar usai menghadiri Rapat Paripurna HUT ke-195 Kabupaten Lebak di Gedung DPRD Kabupaten Lebak Jl. Alun-alun Selatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Sabtu (2/12/2023).

“Selamat hari jadi Kabupaten Lebak ke-195 tahun” ungkapnya.

BACA JUGA: Mukernas III, Wapres Minta MUI Tingkatkan Pemberdayaan Umat

Dalam kesempatan itu Al Muktabar juga sampaikan apresiasi dan penghargaan atas berbagai capaian pembangunan dan kemasyarakatan yang telah diraih Kabupaten Lebak. 

“Ada banyak kemajuan yang dicapai oleh Kabupaten Lebak. Tentu kita tidak berpuas diri dengan berbagai pencapaian yang telah diraih. Ke depan kita akan terus menggiatkan pembangunan ini,” ungkapnya.

“Pada akhirnya kita ingin makin segera, makin cepat dalam upaya kita menyejahterakan masyarakat dengan segala tahapan dan tingkatannya,” tambah Al Muktabar.

Masih menurut Al Muktabar, berdasar kesejarahan, Kabupaten Lebak berkontribusi besar tentang pemikiran ke-Indonesia-an. Ada Multatuli dan tokoh-tokoh Lebak lainnya. Semoga semangat para pahlawan itu terus menginspirasi kita dalam membangun daerah kita.

“Dibanding daerah lain, kita memiliki keterbatasan lahan. Tetapi kita masih bisa berkontribusi nomor delapan (8) dalam pangan nasional. Artinya, kekhawatiran dunia tentang pangan kita memiliki potensi di sana,” papar Al Muktabar.

“Pangan menjadi tumpuan kita ke depan, artinya basis kinerja agro,” tambahnya.

Masih menurut Al Muktabar, infrastruktur Kabupaten Lebak terus membaik. Salah satunya Jalan Tol Serang – Panimbang yang sedang dibangun, pemanfaatan tata ruang 2023 – 2043 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah 2025 – 2045, menjadi harapan ke depan dalam rangka membangun Kabupaten Lebak. 

“Kabupaten Lebak ke depan, di antara harapannya adalah basis-basis agro. Ada banyak contoh negara atau daerah yang begitu kuat sistem agronya masyarakatnya makin sejahtera,” ungkapnya.

BACA JUGA: Data KPU Bocor, Bareskrim Selidiki Pelaku Peretas Situs KPU

“Kita juga membutuhkan peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Pentingnya kita dalam rangka Indonesia Emas 2045. Kita memiliki bonus demografi, sumber daya manusia yang cukup banyak di usia kerja dan di usia produktif. Itu yang perlu kita tata kelolakan terus sehingga pencapaian kesejahteraan masyarakat bisa makin kita wujudkan bersama. Harus pentahelix, harus kita giatkan secara komprehensif,” tambah Al Muktabar.

Dipaparkan, dengan terbukanya akses Tol Serang – Panimbang, kawasan wilayah selatan Provinsi Banten terbuka luas. Sehingga tinggal membangun sirip-siripnya untuk membuka akses ke kawasan-kawasan yang memiliki potensi agro.

Hak Guna Usaha (HGU) yang terlantar diformulasikan menjadi bank tanah bersama Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.

“Beberapa sudah bergulir, seperti Banten Preanger ada yang diformulasikan dikembalikan ke negara dan untuk rakyat. Diberikan ruang bagi yang ingin memanfaatkannya dari jenis-jenis berbasis agro yang akan dikembangkan,” ungkapnya.

“Kabupaten Lebak potensi agronya luar biasa. Sawah luar biasa. Positioning industri dengan agro seimbang. Banyak negara yang menekuni bidang pertanian luar biasa,” tambah Al Muktabar.

Al Muktabar mengaku menitipkan kepada Pj Bupati Lebak dan Bapak Ketua DPRD Lebak dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Kabupaten Lebak 2025 – 2045, sektor agro harus mendapat positioning yang besar. Pihaknya menggiatkan pembangunan infrastruktur bendungan dan jaringan irigasi dalam rangka penguatan sektor agro di Kabupaten Lebak.

“Nanti Kabupaten Lebak go green,” pungkasnya.

Sementara, Penjabat (Pj) Bupati Lebak Iwan Kurniawan menyampaikan apresiasi kepada para pihak yang turut bersama-sama membangun Kabupaten Lebak.

“Mari kita jadikan HUT ke-195 sebagai refleksi untuk Kabupaten Lebak yang lebih maju,” ajaknya.

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Lebak Muhammad Agil Zulfikar. Turut hadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Lebak, Pj Sekda Provinsi Banten Virgojanti, serta para tamu undangan. HUT ke-195 mengambil tema ‘Bersatu Untuk Lebak Lebih Maju.’ (red)

Back to top button