Ajak Startup Lokal Rancang Solusi Digital, Telkomsel Gelar Tinc Batch 7

Ajak Startup Lokal Rancang Solusi Digital, Telkomsel Gelar Tinc Batch 7
Ajak Startup Lokal Rancang Solusi Digital, Telkomsel Gelar Tinc Batch 7

 

MetroBanten, Jakarta –  Sukses dengan rangkaian program sebelumnya, Telkomsel kembali menghelat program Telkomsel Innovation Center (Tinc) yang kali ini sudah memasuki Batch 7, untuk membuka lagi kesempatan bagi seluruh talenta unggul di bidang teknologi digital di seluruh penjuru negeri, dalam mengoptimalkan berbagai potensi guna memperkuat ekosistem digital Indonesia.

Pada Tinc Batch 7 kali ini, proses pendaftaran sudah digelar sejak 18 Oktober 2021 lalu.

Tinc Batch 7 berfokus mengakselerasi startup Tanah Air yang minimal berada pada tahap pre-SEED, yang memiliki potensi untuk berkolaborasi, khususnya yang bergerak di bidang Agritech, Healthcare, Education, Leisure Economy, Logistics & Supply Chain, dan Gaming, namun tidak membatasi kepesertaan untuk solusi digital lainnya.

Teknologi yang digunakan oleh startup peserta Tinc Batch 7 diharapkan dapat memanfaatkan teknologi jaringan 5G, Software as a service (SaaS)/Platform as a Service (PaaS), Artificial Intelligence (AI)/Machine Learning, dan Internet of Things (IoT) dalam menghadirkan solusi digital yang lebih berdampak, sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

Prose pendaftaran Tinc batch 7 sudah digelar sejak 18 Oktober 2021 lalu.

Tinc batch 7 berfokus pada fokus mengakselerasi startup Tanah Air yang minimal berada di tahap pre-seed dan memiliki potensi untuk berkolaborasi.

BACA JUGA: iPhone 13 Kini Resmi Rilis di Pasar Indonesia

Startup yang dipilih terutama yang bergerak di bidang agritech, healthcare, education, leisure economy, logistic & supply chain, serta gaming. Namun Telkomsel tidak membatasi startup di berbagai bidang untuk ikut serta.

VP Strategic and Explorative Partnership Telkomsel Mahmud Saladin mengatakan, Telkomsel menargetkan bisa berkolaborasi dengan lebih banyak startup lokal, terutama yang memiliki potensi mengembangkan solusi digital untuk meningkatkan keunggulan produk dan layanan Telkomsel.

“Program Tinc secara konsisten terus berperan sebagai sarana yang dapat mendampingi serta mengakselerasi para inovator lokal untuk menciptakan dan mengembangkan inovasi berbasis digital yang dapat menjadi solusi atas berbagai tantangan di setiap fase kehidupan masyarakat,” katan Mahmud, dikutip dari keterangan Telkomsel.

Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan semangat Telkomsel yang akan terus memaksimalkan potensi di segala aspek kehidupan melalui pemanfaatan teknologi digital terdepan yang terukur dan berdampak positif bagi masyarakat luas.

Persyaratan untuk Ikuti Tinc Batch 7

Program Tinc Batch 7 memiliki sejumlah persyaratan awal yang harus dipenuhi bagi startup yang ingin mendaftar.

Pertama, model bisnis telah tervalidasi oleh pasar, dalam hal ini startup minimal sudah 6 bulan menjalankan bisnis produknya dan sudah memiliki pendanaan pada tahap pra-seed atau di atasnya.

Kedua, memiliki keunikan dan keunggulan yang jelas dibandingkan pesaing. Lalu, syarat lainnya anggota tim yang kompeten dan berkomitmen tinggi.

Selain itu, startup juga perlu memiliki potensi bersinergi dengan Telkomsel, memiliki development plan yang jelas, memiliki proyeksi keuangan positif yang mendukung potensi pertumbuhannya di masa depan, serta memiliki kantor yang berpusat di Indonesia.

BACA JUGA: 5 Cara Menjadi Mobile Developer yang Andal

Menurut Mahmud, sejak awal digulirkan Tinc secara khusus dihadirkan sebagai salah satu bentuk perwujudan transformasi Telkomsel perusahaan telko digital. Telkomsel juga memiliki program lain yang mendukung ekosistem digital dan startup yakni melalui The NextDev dan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI).

Meski memiliki kesamaan misi dalam membangun ekosistem bagi para pegiat startup, ketiga program tersebut memiliki fokus yang berbeda dalam memberikan kontribusi pada berbagai tahap perkembangan startup.

The Nextdev berfokus sebagai talent scouting dan social impact. Tinc sebagai wadah untuk berakselerasi dan dikomersialisasi bersama Telkomsel di mana Tinc memfokuskan pencariannya terhadap startup pre-series yang dapat bersinergi dengan bisnis digital milik Telkomsel. Sementara TMI berfokus pada strategic investment.

“Tinc yang didukung penuh oleh Telkomsel akan terus bergerak maju untuk mendorong lebih banyak lagi kehadiran solusi digital yang memberi kemudahan dan nilai jual komersial serta membuka peluang kolaborasi,” katanya. (red)

Check Also

Komisi IX DPR Soroti Akurasi Pengelolaan Data PBI-JKN BPJS Kesehatan

Komisi IX DPR Soroti Akurasi Pengelolaan Data PBI-JKN BPJS Kesehatan

  MetroBanten, DPR – Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene menyoroti akurasi pengelolaan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup