NEWSTANGERANG RAYA

Ada Yang Beda Di Lapas Pemuda II : Upacara Bendera 17 Agustus Pakai Baju Adat

Metrobanten, Kota – Ada yang beda tahun ini, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pemuda Kelas IIA Tangerang melaksanakan upacara 17 Agustus lengkap dengan berpakaian adat di halaman Lapas, Jalan Pemuda, Kelurahan Buaran Indah, Kecamatan Tangerang.

Pakaian adat tersebut sengaja dikenakan oleh para pegawai Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang sebagai bentuk rasa cinta terhadap keanekaragaman suku, bangsa, agama serta budaya yang berbeda – beda di Indonesia.

“Ini juga termasuk intruksi dari pimpinan. Yang melambangkan keanekararagaman suku bangsa yang ada di Indonesia meskipun berbeda tetap satu jua terutama di hari HUT Kemerdekaan ini,” ujar Kalapas Pemuda Kelas IIA Tangerang Marlik Subiakto ujar Upacara, Jumat (18/8/18)

Kalapas kembali menegaskan, baju adat melambangkan keragaman Indonesia yang tidak hanya satu suku, tidak hanya Jawasentris, tapi merupakan beragam etnis suku, ras dan agama, termasuk ornamen pakaian adat yang menjadi khas daerah masing-masing.

Menurutnya, 2018 merupakan tahun istimewa karena Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah Asian Game 2018 di Jakarta dan Palembang. Untuk itu Upacara 17 Agustus kali ini sangat luar biasa.

Lomba Panjat Pinang di Lapas Pemuda Kelas IIA

“Saya berharap dengan HUT RI ke 73  keluarga besar Lapas Pemuda II Tangerang bisa terus menjalin kebersamaan dan kekompakaan. Segala sesuatu jika dilakukan bersama – sama akan terasa lebih ringan,” tuturnya.

Lebih lanjut Kalapas menuturkan, selain melaksanakan Upacara, Lapas Pemuda II juga telah mengadakan perlombaan – perlombaan sebagai penyemangat kemerdekaan yang diikuti oleh para pegawai dan warga binaan.

Seperti lomba tenis meja, futsal, panjat pinang, makan kerupuk, dan lomba adzan. Semuanya itu dilakukan di dalam Lapas Pemuda II Tangerang. “Nanti juga akan diramaikan dengan acara puncak,” pungkasnya.    (des)

Back to top button